Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Dekopin sudah merampungkan pendirian Cooperatives Commercial Center (CCC), tetapi belum menyusun kepengurusan secara lengkap untuk menjalankan roda organisasi berbasis koperasi tersebut. Rico Menayang, tokoh atau pemrakarsa pendirian CCC, mengatakan untuk mengumumkan susunan pengurus, tetap menjadi hak Dekopin. Dia hanya menyusun konsep-konsep operasional lembaga itu.

"Saya hanya berhak mengatakan pendiriannya dilakukan oleh 20 lembaga koperasi yang terdiri dari Induk Koperasi Unit Desa (Induk KUD), koperasi skala nasional dan lembaga koperasi lain," ujar Rico Menayang kepada Bisnis hari ini.Konsep yang diusung dalam operasional CCC, tetap mengacu kepada jati diri koperasi dalam bentuk fasilitasi. Lembaga itu tetap tidak bermain dalam usaha, karena bisnisnya akan diserahkan kepada anggota-anggota.Sebagai contoh, kata Rico, dia kegiatannya dalam bentuk koperasi jagung. Sesuai etika, dia tidak harus terjun menjadi petani jagung. Kegiatan yang bisa dilakukan hanya berupa fasilitasi untuk logistik maupun pendukung budidaya jagung.Dari sisi pembiayaan, lembaga ini juga bertugas menjalankan fungsinya untuk memfasilitasi pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang menjadi tulangpunggung dalam operasional. "Secara struktur, UKM anggota harus menjadi bankable," tutur Rico.Pendirian CCC dikonsentrasikan menjadi motor penggerak usaha berbasis komoditas pertanian. Terutama menjalankan tugas pemasaran bagi komoditas unggulan. Intinya, CCC berfungsi sebagai penampung sekaligus memasarkan komoditas.Sebelumnya Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid mengatakan kegiatan melalui sentra bisnis koperasi ini dijadikan sebagai awal rencana pembentukan konglomerasi koperasi di Indonesia.Modal awal dari operasional CCC bersumber dari seluruh pendiri maupun yang berperan sebagai anggota. Selain itu Dekopin mengupayakan peranan mitranya untuk merealisasi bisnis gerakan ekonomi kerakyatan tersebut.Agung Sudjatmoko, Ketua Formatur susunan pengurus CCC yang dihubungi, belum memberi jawaban tentang nama yang telah ditetapkan menjadi pengurus lengkap CCC. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper