Kemendiknas klaim salurkan hibah ketrampilan Rp300 miliar

JAKARTA: Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mengklaim telah menyalurkan dana block grant senilai Rp300 miliar pada 2010, untuk membiayai program pendidikan kecakapan hidup (PKH) lembaga kursus dan pusat kegiatan belajar masyarakat.
Ria Indhryani | 20 Desember 2010 07:29 WIB

JAKARTA: Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mengklaim telah menyalurkan dana block grant senilai Rp300 miliar pada 2010, untuk membiayai program pendidikan kecakapan hidup (PKH) lembaga kursus dan pusat kegiatan belajar masyarakat.

Hamid Muhammad, Dirjen Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Kemendiknas, mengatakan block grant diberikan pada pengelola kursus untuk melatih para lulusan sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), atau pelajar putus sekolah.Ada pula pendidikan vokasional oleh masyarakat, seperti pendidikan kesetaraan dan kecakapan hidup oleh pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM)."Penyaluran dana ini untuk mengurangi tingkat pengangguran. Program ini diharapkan mendorong masyarakat bisa masuk dunia industri atau menjadi wirausaha," kata Hamid.Salah satu penerima dana hibah itu adalah Lembaga Pendidikan Komputer Palcomtech. Lembaga ini mendapatkan dana tersebut untuk kedua kalinya karena dinilai sebagai lembaga kursus vocational terbaik tingkat nasional."Tahun ini kami menerima block grant Rp250 juta untuk memberikan kursus pada 50 anak SMA yang sudah menganggur selama 3-5 bulan agar mereka bisa cepat bekerja," kata Yanti Effendy, Direktur Lembaga Pendidikan Komputer Palcomtech.Yanti mengatakan rekrutmen diutamakan pada calon peserta yang memiliki minat besar pada animasi sebagai salah satu bidang yang sedang tren di kalangan anak muda dan dibutuhkan pula oleh industri. "Kami membuka lowongan lewat iklan, menyeleksi proposal, proses interview dan akhirnya menetapkan calon penerima kursus gratis dengan bantuan dana dari Kemendiknas ini. Tidak melulu anak kaum dhuafa tetapi diutamakan punya minat besar pada komputer animasi dan sedang menganggur," jelas Yanti Effendy lagi. Selama ini Palcomtech menyelenggarakan kursus singkat komputer dan Internet dengan 30 pilihan program, seperti Autocad, Adobe Photoshop, Tekhnisi Komputer Ekspres, 3D Max, Corel Draw X4, Linux Express, MS Office, Office for Business, Mobile Programming with Java, hingga Accounting with DEA. (mfm)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top