Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi 2010 diperkirakan 6,4%

JAKARTA : Pemerintah memperkirakan laju inflasi tahun ini mencapai 6,4% sejalan dengan tekanannya yang mulai meningkat dan menjadi momok bagi perekonomian Indonesia di 2011.Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo mengatakan realisasi inflasi pada tahun

JAKARTA : Pemerintah memperkirakan laju inflasi tahun ini mencapai 6,4% sejalan dengan tekanannya yang mulai meningkat dan menjadi momok bagi perekonomian Indonesia di 2011.Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo mengatakan realisasi inflasi pada tahun ini kemungkinan akan berada pada kisaran 6,1-6,4%. Artinya, melampaui asumsi pemerintah dan DPR yang tertuang dalam APBNP 2010 sebesar 5,3%. "Target inflasi akan melebihi target, sekitar 6,1-6,4%," ujarnya di kantornya, hari ini. Menurut dia, tantangan inflasi masih menjadi fokus pemerintah dalam mengelola perekonomian Indonesia pada tahun depan. Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Bank Indonesia guna menjaga stabilitasnya. "Tantangan kita inflasi, kami akan koordinasi dengan BI," katanya.Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan terjadi inflasi sebesar 0,6% pada November yang disebabkan oleh meningkatnya harga-harga komoditas, terutama beras. Dengan demikian, sejak Januari hingga November terjadi inflasi sebesar 5,98%, sedangkan untuk inflasi tahunan November (yoy) 6,63%. Sebelumnya, Hatta Rajasa, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, menuturkan biasanya tekanan inflasi pada Desember cukup tinggi seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Terlebih, ada kucuran APBN yang cukup besar dari kegiatan belanja pemerintah yang digenjot pada penghujung tahun sehingga akan memengaruhi konsumsi nasional dan inflasi. (bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper