Indonesia masuk top 10 movers HDI

Yoseph Pencawan - nonaktif | 10 Desember 2010 10:11 WIB

JAKARTA: Dalam 40 tahun terakhir, Indonesia termasuk dalam kategori negara yang membuat kemajuan terbesar atau top 10 mover dalam pembangunan manusia.

Laporan The Real Wealth of Nations: Pathways to Human Development menyebutkan antara 1980 sampai 2010, nilai indeks pembangunan manusia (IPM/human development indexs) Indonesia meningkat 54% dan tercatat berada di peringkat keempat dari top 10 movers.

"Kemajuannya luar biasa, hal ini juga menunjukkan komitmen serius pemerintah untuk memperbaiki pembangunan manusia di negera ini," kata Kepala Perwakilan PBB di Indonesia El Mostafa Benlamlih dalam acara seminar laporan human development indexs 2010 di Jakarta hari ini.

Sembilan negara yang termasuk dalam top 10 movers lainnya adalah Oman, China, Nepal, Saudi Arabia, lao PDR, Tunisia, Korea Selatan, Algeria, dan Moroko. IPM dilihat dari indikator di bidang kesehatan, pendidikan, dan pendapatan.

Di tempat sama, Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana mengatakan IPM telah diadopsi dan digunakan sebagai indikator dalam perencanaan pembangunan jangka panjang dan menengah untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia. "IPM telah digunakan sebagai referensi utama pembangunan nasional dan pembuatan anggaran," katanya.(ln)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top