Program wirausaha baru diperluas

JAKARTA: Pemerintah memperluas program wirausaha baru dengan cakupan wilayah operasional lebih luas dan melibatkan beberapa instansi/lembaga terkait.
Basilius Triharyanto | 08 Desember 2010 11:31 WIB

JAKARTA: Pemerintah memperluas program wirausaha baru dengan cakupan wilayah operasional lebih luas dan melibatkan beberapa instansi/lembaga terkait.

Pada tahun ini Kementerian Koperasi dan UKM mencanangkan program 1.000 wirausaha baru dari perguruan tinggi. Tahun depan operasionalnya lebih diperluas dengan melibatkan para stakeholders.

Intinya, harus mendorong anak muda usia produktif untuk berwirausaha. Momentumnya pada Januari 2011 melalui Gerakan Nasional Berwirausaha, ujar Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan kepada Bisnis, hari ini.

Gerakan Nasional Berwirausaha, merupakan tindak lanjut dari program 1.000 sarjana wirausaha 2010 yang telah berhasil disosialisasikan sedikitnya ke-17 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Stakeholders atau pemangku kepentingan yang akan digandeng dalam program tersebut a.l. konsultan bisnis, perguruan tinggi, pengusaha sukses ataupun kalangan entrepreneur yang telah berhasil menjalankan usahanya.

Seluruh pemangku kepentingan tersebut dilibatkan dalam program Gerakan Nasional Berwirausaha, karena target pemerintah menciptakan wirausaha baru jauh lebih besar dari program 1.000 sarjana wirausaha.

Menurut Sjarifuddin, prioritas target program ini memang dari perguruan tinggi. Akan tetapi, karena telah dijadikan gerakan nasional maka sasaran diperluas ke calon-calon wirausaha usia produktif.

Semua elemen atau pemangku kepentingan dalam program ini, harus memberikan motivasi kepada generasi muda menjadi calon wirausaha. Termasuk pakar kewirausahaan seperti Rhenald Kasaly ataupun Universitas Ciputra, ujarnya. (ra)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top