Jabar akan bangun bandara baru di Citarate Sukabumi

BANDUNG: Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membangun bandara baru di Citarate Kab. Sukabumi, yang ditargetkan berdiri dalam jangka waktu 15 tahun ke depan.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 06 Desember 2010  |  08:13 WIB

BANDUNG: Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membangun bandara baru di Citarate Kab. Sukabumi, yang ditargetkan berdiri dalam jangka waktu 15 tahun ke depan.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Dicky Saromi mengemukakan rencana pembangunan bandara baru itu merupakan bagian dari rencana peningkatan infrastruktur perhubungan di Jabar bagian selatan.Dalam rencana pembangunan jangka panjang Jabar hingga 2025 memang ada rencana pembangunan bandara di Citarate, yang merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur strategis, katanya hari ini.Dia menuturkan studi kelayakan atas bandara tersebut sebetulnya sudah rampung pada 2005 lalu dan tinggal menunggu kepastian kebijakan pembangunan. Namun, lanjutnya, masih belum bisa dipastikan kapan bandara baru itu dapat direalisasikan.Dia menuturkan jenis bandara baru akan berbentuk bandara perintis yang mirip Bandara Nusawiru di Kab. Ciamis, yang saat ini menyokong kegiatan perekonomian berupa pertanian dan perikanan di kawasannya.Bandara itu juga akan mirip seperti Nusawiru seperti sekarang, katanya.Dia belum bisa merinci total luas areal kawasan bandara yang akan dibangun serta biaya yang dibutuhkan dalam pembangunannya. Tetapi, lanjutnya, dari sisi konstruksi areal bandara akan memiliki panjang landasan sekitar 1,9 km dengan lebar berkisar antara 30 meter 60 meter.Lahan bandara sudah ada sebagian. Tetapi ada beberapa lahan milik masyarakat yang kemungkinan harus dibebaskan, tuturnya.Sebetulnya, kata dia, sudah ada komplek bandara di Palabuhan Ratu yang merupakan peninggalan Belanda.Pemprov Jabar menilai kompleks bandara lama yang sudah tidak berfungsi itu terlampau padat dengan pemukiman penduduk, sehingga areal bandara baru digeser ke arah selatan di Kecamatan Surade.(k45/er)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top