Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Suntana, Eks Intel Polri Kini Jadi Wamenhub di Kabinet Prabowo

Presiden Prabowo Subianto resmi melantik Suntana sebagai Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), mendampingi Dudy Purwagandhi.
Eks Kabaintelkam Polri Komjen Pol Suntana menyapa wartawan setibanya di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024).  ANTARA FOTO/Muhammad Ramdan
Eks Kabaintelkam Polri Komjen Pol Suntana menyapa wartawan setibanya di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Ramdan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto resmi melantik Suntana sebagai Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), mendampingi Dudy Purwagandhi sebagai Menteri Perhubungan (Menhub) di Kabinet Merah Putih.

Lantas, siapakah sosok Suntana? Suntana merupakan salah satu dari 56 wakil menteri di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran.

Sebelum resmi menjadi Wamenhub, Suntana menjadi salah satu tokoh yang ikut dalam pembekalan tugas calon wakil menteri di kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/10/2024).

Pria kelahiran 2 Juni 1966 memulai karier militernya sejak 1989 sebagai Letnan Dua dan mencapai posisi kapten pada 1996. Jenderal bintang tiga itu sempat menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jakarta pada 2016 dan 2017.

Lalu pada 2018, dia dipindah tugaskan ke Lampung sebagai Kepala Kepolisian Daerah Lampung. Baru tujuh bulan mengemban tugas di Lampung, Suntana ditunjuk sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. Tugas tersebut diembannya hingga Oktober 2021.

Suntana juga sempat bertugas sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat. Sekitar dua tahun lebih Suntana dipercaya sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, sebelum akhirnya dipindah tugaskan sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara.

Baru sebentar menempati posisi sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Suntana dipercaya menjadi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. Tepatnya, sejak Juni 2023 hingga 28 Juni 2024. Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri menjadi jabatan terakhir Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) itu.

Mengenai riwayat pendidikan, Sutana merupakan lulusan Akademi Polisi pada 1989. Selama berkarier di Korps Bhayangkara, pria asal Garut, Jawa Barat ini kerap berkecimpung di bidang reserse intelijen.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper