Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sri Mulyani Berpotensi Jadi Menkeu Terlama Jika Terima 'Pinangan' Prabowo

Sri Mulyani berpotensi menjadi orang yang paling lama menjabat sebagai Menteri Keuangan apabila kembali bertugas di kabinet Prabowo.
Edi Suwiknyo, Wibi Pangestu Pratama
Selasa, 15 Oktober 2024 | 08:20
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyapa kepada wartawan setibanya di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). / Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyapa kepada wartawan setibanya di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). / Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Di antara deretan kandidat menteri yang dipanggil ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto, terdapat sosok Sri Mulyani Indrawati sang Menteri Keuangan petahana. Dia pun berpeluang menjadi Menteri Keuangan terlama di Indonesia.

Satu per satu nama tiba di Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin malam (14/10/2024). Mereka yang merupakan calon menteri pada kabinet selanjutnya dipanggil untuk menghadap Prabowo satu per satu.

Nama-nama baru atau mereka yang tidak sedang menjabat di pemerintahan muncul. Namun, banyak pula pejabat aktif yang turut dipanggil Prabowo, sehingga membuka peluang bagi mereka untuk kembali menjabat.

Berdasarkan pantauan Bisnis, pada pukul 19.20 WIB, sosok Sri Mulyani tiba di Kertanegara. Dia yang mengenakan blouse batik berwarna coklat dan hitam serta bermotif bunga tersenyum sambil memberi salam kepada para wartawan yang mengerubungi rumah Prabowo.

Sri Mulyani tidak mengucapkan sepatah kata pun saat tiba di sana. Dia lalu memasuki kediaman Prabowo untuk berbincang dengan sang presiden terpilih.

Setelah beberapa waktu, Sri Mulyani keluar dan menyampaikan bahwa terdapat ajakan dari Prabowo untuk bergabung pada pemerintahan selanjutnya.

"Beliau meminta saya menjadi Menteri Keuangan kembali," ujar Sri Mulyani, Senin (14/10/2024).

Sri Mulyani mengakui telah bertemu dengan Prabowo untuk membicarakan pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Dalam catatan Bisnis, Sri Mulyani juga pernah bertemu dengan Prabowo dan Thomas Djiwandono belum lama ini.

Thomas merupakan keponakan Prabowo yang menjadi Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II sejak 18 Juli 2024.

Terdapat 49 nama yang dipanggil Prabowo ke Kertanegara semalam. Prabowo memastikan bahwa 49 calon menteri itu telah sanggup untuk membantunya menjalankan roda pemerintahan pada 5 tahun mendatang.

Prabowo menuturkan bahwa proses komunikasi dengan 49 calon menteri sejatinya telah berlangsung cukup lama. Dia telah berdiskusi dengan banyak pihak untuk menjaring nama-nama yang berpotensi untuk mengisi jabatan menteri.

Sehingga acara hari ini, pihaknya hanya ingin memastikan sekaligus untuk mengonfirmasi apakah para calon menteri tersebut bersedia atau tidak membantu pemerintahannya.

"Alhamdullillah, mereka mengatakan sanggup," kata Prabowo, Senin (14/10/2024).

Sri Mulyani Berpotensi Jadi Menkeu Terlama

Sri Mulyani merupakan akademisi cum ekonom yang telah malang melintang dalam dunia birokrasi selama dua dekade belakangan ini. Pengalamannya bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di lembaga internasional.

Dia tercatat pernah menjabat sebagai sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada Oktober 2004—Desember 2005, yakni di bawah pemerintahan presiden dan wakil presiden Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla atau dikenal sebagai SBY-JK.

Pada masa pemerintahan itu juga Sri Mulyani pernah menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, yakni pada Juni 2008—Oktober 2009.

Sri Mulyani juga berkiprah sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia (World Bank) pada Juni 2010—Juli 2016, sebelum dipanggil untuk kembali ke Indonesia.

Adapun, Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan di tiga pemerintahan. Pertama, pada masa pemerintahan SBY-JK, yakni Sri Mulyani menjadi bendahara negara periode Desember 2005—Mei 2010.

Kedua, di periode pemerintahan presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla atau sejak Juli 2016. Lalu, ketiga, di periode pemerintahan presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin yang masih berjalan.

Berdasarkan catatan itu, sampai saat ini Sri Mulyani telah menjadi Menteri Keuangan selama 12 tahun 8 bulan. Dia tercatat menjabat sebagai Menkeu di era SBY selama 4 tahun 5 bulan, lalu di era Jokowi selama 8 tahun 3 bulan.

Apabila Sri Mulyani menerima ajakan Prabowo untuk bergabung ke kabinetnya, dia berpotensi menjadi orang yang paling lama menjabat sebagai Menteri Keuangan di Indonesia.

Hingga saat ini, Ali Wardhana tercatat sebagai sosok yang menjadi Menteri Keuangan terlama di Tanah Air. Profesor yang juga Mantan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI) itu menjadi salah satu orang kepercayaan Presiden Soeharto.

Ali menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Pembangunan I pada Juni 1968—Maret 1973. Dia kembali dipercaya sebagai Menkeu di Kabinet Pembangunan II pada Maret 1973—Maret 1978, dan berlanjut ke Kabinet Pembangunan III pada Maret 1978—Maret 1983.

Secara total, Ali menjadi Menkeu selama 15 tahun 9 bulan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper