Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korea Tourism Organization Bidik 19.000 Wisatawan MICE Indonesia Tahun Ini

Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta menargetkan jumlah kunjungan wisata MICE Indonesia sekitar 19.000 orang pada tahun ini.
Pengunjung event Korea Unique Venue Jakarta Roadshow 2024 berkonsultasi dengan staf KTO Jakarta./Istimewa
Pengunjung event Korea Unique Venue Jakarta Roadshow 2024 berkonsultasi dengan staf KTO Jakarta./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta menargetkan jumlah kunjungan wisata MICE Indonesia ke Korea Selatan sekitar 19.000 orang pada tahun ini.

Direktur KTO Jakarta Office Kim Jisun mengatakan pihaknya optimistis untuk dapat mencapai 19.000 kunjungan di tahun ini melalui berbagai langkah salah satunya melalui Korea Unique Venue Jakarta Roadshow 2024.

Pada 2019, jumlah wisatawan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) Indonesia ke Korea Selatan yang tercatat oleh KTO sekitar 24.000 orang. Sedangkan pada 2023, jumlah wisatawan MICE Indonesia ke Korea tercatat 18.000 orang atau baru pulih sekitar 74% dibandingkan tahun 2019.

“KTO optimis bahwa kunjungan wisata MICE Indonesia ke Korea tahun 2024 dapat melampaui tahun lalu. Sejak awal 2024, KTO dengan aktif mempromosikan wisata MICE Korea di Indonesia baik melalui pertemuan langsung maupun melalui media," kata Kim Jisun dalam keterangan tertulis kepada Bisnis, Senin (9/9/2024).

KTO Jakarta, lanjutnya, berpartisipasi dalam berbagai acara pameran seperti travel mart hingga mengadakan gathering langsung dengan potential corporate untuk memperkenalkan wisata MICE serta bentuk dukungan untuk grup insentif ataupun corporate meeting ke Korea.

Selain itu, faktor utama pendukung wisata MICE ialah venue berskala internasional yang dapat mengakomodir kebutuhan wisatawan MICE.

"KTO sudah memilih sebanyak 52 venue MICE atau yang biasa kami sebut Korea Unique Venue, yakni venue unik yang tersebar di seluruh Korea, yang dapat dipilih untuk kegiatan MICE, seperti team building, pertemuan, pameran, konferensi, dan sebagainya," jelasnya.

Korea Unique Venue Jakarta Roadshow 2024 sendiri, digelar untuk mempromosikan wisata MICE secara masif kepada travel agent, korporat dan media dan juga lokasi yang dapat dipilih oleh para event planner untuk kebutuhan MICE.

"Melalui acara ini KTO fokus mempromosikan wisata MICE dan 52 Korea Unique Venue dengan mendatangkan langsung perwakilan dari Korea Unique Venue dan juga para pelaku bisnis pariwisata Korea lainnya seperti institusi pariwisata daerah, biro konvensi, travel agent, hotel serta turut mengundang travel agent lokal maupun korporat."

Tercatat ada beberapa Korea Unique Venue yang dapat dijadikan referensi untuk destinasi MICE di Korea yaitu Floating Island yang terletak di Seoul, Korea Selatan.

Kemudian terdapat pula Eland Cruise (Seoul) yang terkenal sebagai salah satu tempat Hallyu yang digunakan untuk konten K-Pop, K-Drama, dan K-Film

Lalu, National Gugak Center (Seoul), yang merupakan pusat seni nasional Korea yang bertujuan melestarikan tradisi seni pertunjukan Korea, seperti musik kerajaan dan tarian tradisional.

Tak ketinggalan ada Hyundai Cruise (Gyeonggi), kapal pesiar besar dengan struktur empat lantai yang dapat menampung hingga 1.000 orang di dalamnya. Kapal ini memiliki dua aula perjamuan dan dua area terbuka, sehingga para event planner dapat menggunakan ruang tersebut untuk berbagai acara dan kegiatan.

Lalu ada Haslla Art World (Gangwon), Nami Island (Gangwon), Fe01 Upcycled Complex Cultural Space (Ulsan), Clayarch Gimhae Museum (Gyeongnam), Spirited Garden (Jeju) yang kerap digunakan untuk event seperti pertemuan perusahaan, konferensi internasional, dan jamuan makan malam.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper