WIKA Beton Raih Sertifikat EPD Internasional untuk Tiang Pancang

WIKA Beton menjadi produsen beton pertama di Indonesia yang berhasil menerbitkan sertifikat EPD untuk produk unggulannya PC Spun Pile atau Tiang Pancang
Foto: WIKA Beton Raih Sertifikat EPD Internasional untuk Tiang Pancang
Foto: WIKA Beton Raih Sertifikat EPD Internasional untuk Tiang Pancang

Bisnis.com, JAKARTA - PT Wijaya Karya Beton Tbk (WIKA Beton) menjadi produsen beton pertama di Indonesia yang berhasil menerbitkan sertifikat EPD (Environmental Product Declaration) untuk produk unggulannya PC Spun Pile atau Tiang Pancang. Hal ini merupakan salah satu wujud serius komitmen WIKA Beton untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mewujudkan praktik bisnis yang berkelanjutan.

EPD merupakan dokumen deklarasi yang berisi tentang pengungkapan dampak lingkungan dari analisa daur hidup suatu produk menggunakan Life Cycle Assessment (LCA) yang mengacu pada seri ISO 14025 dan ISO 14040. Laporan yang terverifikasi secara internasional ini merinci berbagai potensi pemanasan global (global warming potential/GWP) seperti dampak pada karbon, udara, tanah, dan badan air.

Tak berhenti di situ, hasil perhitungan jejak karbon tersebut dijadikan dasar oleh WIKA Beton untuk melakukan sejumlah improvement yang mengarah pada net-zero emission. Hasilnya, terdapat total potensi reduksi emisi karbon mencapai 26,4%. Atas usaha inovatif Perseroan untuk mendorong industri hijau ini WIKA Beton pun berhasil mengantongi sertifikasi Greenship Solution Endorsement (GSE) dengan predikat Platinum.

Perolehan sertifikat EPD dan GSE ini memperkuat posisi WIKA Beton sebagai pelopor produk beton ramah lingkungan di Indonesia. Deklarasi EPD dan GSE ini juga diharapkan dapat membantu pelanggan untuk mendapatkan transparansi informasi mengenai praktik berkelanjutan di industri beton tanah air dan di dunia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper