Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTP Nonpetikemas Perluas Pangsa Pasar Bisnis Shorebase Indonesia

PTP Nonpetikemas terus memperluas bisnis layanan jasa kepelabuhanannya dalam penanganan kegiatan shorebase untuk mendukung kegiatan upstream hulu migas.
Kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok atau PTP Nonpetikemas, entitas dalam grup PT Pelabuhan Indonesia (Persero)./Istimewa
Kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok atau PTP Nonpetikemas, entitas dalam grup PT Pelabuhan Indonesia (Persero)./Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - PT Pelabuhan Tanjung Priok atau PTP Nonpetikemas terus memperluas bisnis layanan jasa kepelabuhanannya dalam penanganan kegiatan shorebase untuk mendukung kegiatan upstream hulu migas. 

Shorebase sendiri merupakan fasilitas pusat kegiatan logistik di pinggir laut yang dirancang dan dioperasikan untuk mendukung kegiatan logistik industri hulu migas, termasuk eksplorasi, pengeboran, proyek konstruksi, dan kegiatan produksi lepas pantai.

Direktur Utama PT Pelabuhan Tanjung Priok Indra Hidayat Sani mengatakan ekspansi tersebut ditujukan untuk meningkatkan efisiensi operasional. 

"Sehingga dapat mengurangi biaya logistik," kata Indra dalam keterangan tertulis, Kamis (15/8/2024).

Indra menjelaskan PTP Nonpetikemas telah menangani kegiatan shorebase mendukung kegiatan upstream migas di Jakarta, Lhoksumawe (Aceh), dan Banyuwangi (Jawa Timur).

Hingga kuartal kedua 2024, PTP Nonpetikemas telah menangani kegiatan shorebase untuk berbagai klien domestik dan internasional.

Antara lain dari perusahaan migas asing seperti Harbour Energy (Inggris), Mubadala Energy (Abu Dhabi), HCML (China & Australia), Conrad Energy (Singapura) dan Medco energy (Swasta National) di ketiga wilayah operasi PTP.

Lebih jauh Indra menyebut, PTP Nonpetikemas telah mengembangkan kompetensi operasionalnya dengan menyediakan berbagai layanan dan fasilitas operasi shorebase berstandar internasional.

Dia merinci layanan yang disediakan oleh PTP Nonpetikemas, yang meliputi Open Yard baik untuk stacking dan staging point, Liquid Mud Plant, atau untuk Dry Bulk Plant; operasi jetty 24 jam, serta Shorebase Site Office.

Di samping itu, lanjutnya, PTP telah pula dilengkapi dengan gudang berstandar keselamatan dan keamanan tinggi, layanan alat berat, layanan personel shorebase bersertifikasi migas, serta workshop dan industrial hub complex.

"Kami siap menerima layanan penanganan kegiatan shorebase dan membuka peluang untuk kerja sama dalam bisnis penanganan kegiatan shorebase di seluruh Indonesia,” ujar Indra.

Sekretaris Perusahaan PTP Nonpetikemas Fiona Sari Utami mengatakan pihaknya terus melakukan proses transformasi dan standarisasi operasional dan komersial di seluruh Cabang PTP Nonpetikemas dengan mengacu pada 6 pilar transformasi yakni, Proses, SDM, Teknologi, Peralatan, Infrastruktur & HSSE.

Fiona menyampaikan, PTP sebagai entitas dalam grup PT Pelabuhan Indonesia (Persero) merupakan operator terminal nonpetikemas yang telah beroperasi di 11 wilayah bagian barat Indonesia dengan spesifikasi menangani kegiatan bongkar muat kargo curah cair, curah kering, juga general kargo.

“PTP Nonpetikemas berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dengan mengutamakan keselamatan dan ketepatan waktu dalam setiap proses kegiatannya,” kata Fiona. (K68)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper