10 Langkah Awal Memiliki Rumah Pertama bagi Generasi Milenial dan Gen Z

Mendapatkan rumah pertama merupakan impian banyak orang, termasuk generasi milenial dan Gen Z.
Ilustrasi cara menabung DP rumah/Freepik
Ilustrasi cara menabung DP rumah/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Mendapatkan rumah pertama merupakan impian banyak orang, termasuk generasi milenial dan Gen Z. Namun, dengan tantangan finansial dan harga properti yang terus meningkat, langkah-langkah awal yang tepat sangat penting untuk mencapai tujuan ini.

Berikut adalah panduan yang dapat membantu Anda memulai perjalanan memiliki rumah atau rumah KPR pertama.

  1. Tentukan Anggaran dan Tabungan
    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan anggaran untuk rumah yang diinginkan. Tentukan jumlah uang yang bisa Anda alokasikan setiap bulan untuk tabungan rumah. Idealnya, tabungan ini minimal 20% dari pendapatan bulanan Anda. Mulailah dengan membuat anggaran bulanan yang realistis dan patuhi rencana tersebut.
  2. Evaluasi Kelayakan Kredit
    Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi salah satu solusi untuk memiliki rumah. Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi kelayakan kredit Anda. Cek skor kredit Anda dan pastikan tidak ada tunggakan pinjaman atau kartu kredit. Semakin baik skor kredit Anda, semakin besar peluang untuk mendapatkan KPR dengan bunga rendah.
  3. Manfaatkan Fitur Simulasi KPR di Aplikasi BTN Mobile
    Bank BTN menyediakan fitur simulasi KPR di aplikasi BTN Mobile yang dapat membantu Anda menghitung estimasi cicilan bulanan berdasarkan harga rumah dan tenor pinjaman. Fitur ini sangat bermanfaat untuk merencanakan keuangan Anda dengan lebih baik. Dengan simulasi KPR, Anda bisa mendapatkan gambaran realistis mengenai jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulan.
  4. Tentukan Lokasi dan Jenis Properti
    Lokasi rumah sangat berpengaruh terhadap harga dan kualitas hidup Anda. Pilihlah lokasi yang strategis dan sesuai dengan kebutuhan, seperti dekat dengan tempat kerja, sekolah, atau fasilitas umum lainnya. Selain itu, tentukan jenis properti yang diinginkan, apakah rumah tapak, apartemen, atau rumah susun.
  5. Cari Informasi dan Bandingkan Harga
    Lakukan riset mendalam mengenai harga properti di lokasi yang Anda inginkan. Bandingkan harga dari berbagai sumber, seperti situs jual beli properti, agen real estate, dan pameran properti. Informasi yang akurat akan membantu Anda mendapatkan harga terbaik sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.
  6. Pertimbangkan Down Payment
    Persiapkan dana untuk down payment atau uang muka rumah. Besaran down payment biasanya berkisar antara 15% hingga 30% dari harga rumah. Menabung untuk down payment memerlukan disiplin dan perencanaan yang matang. Mulailah dengan menetapkan target jumlah uang muka dan jangka waktu pencapaiannya.
  7. Pertimbangkan Biaya Tambahan
    Selain harga rumah, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya tambahan seperti biaya notaris, pajak, asuransi, dan biaya renovasi jika diperlukan. Pastikan Anda memiliki dana cadangan untuk menutup biaya-biaya tersebut agar tidak mengganggu keuangan bulanan Anda.
  8. Gunakan Layanan Agen Properti Profesional
    Menggunakan jasa agen properti bisa menjadi langkah yang bijak, terutama jika Anda belum berpengalaman dalam membeli rumah. Agen properti dapat membantu Anda menemukan rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, serta membantu dalam proses negosiasi harga dan dokumen legal.
  9. Ajukan KPR di Bank Terpercaya
    Setelah menemukan rumah yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah mengajukan KPR di bank terpercaya seperti Bank BTN. Pastikan Anda melengkapi semua dokumen yang diperlukan dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh bank. Proses pengajuan KPR akan lebih lancar jika semua persyaratan terpenuhi.
  10. Pahami Kontrak dan Proses Pembelian
    Sebelum menandatangani kontrak pembelian, pastikan Anda memahami semua isi kontrak dan ketentuan yang tercantum. Jangan ragu untuk bertanya kepada notaris atau agen properti mengenai hal-hal yang belum Anda pahami. Proses pembelian rumah memerlukan ketelitian agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, generasi milenial dan Gen Z dapat lebih siap dalam merencanakan dan memiliki rumah pertama mereka. Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur simulasi KPR di aplikasi BTN Mobile sebagai alat bantu dalam perencanaan keuangan Anda.

Fitur Simulasi KPR di Aplikasi BTN Mobile

  • Simulasi Cicilan
    Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghitung estimasi cicilan bulanan berdasarkan harga rumah, tenor pinjaman, dan suku bunga yang berlaku. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kemampuan finansial Anda sebelum mengajukan KPR.
  • Pengajuan KPR Online
    Selain simulasi cicilan, aplikasi BTN Mobile juga menyediakan fitur untuk mengajukan KPR secara online. Proses ini lebih cepat dan efisien karena dilakukan secara digital, mengurangi kebutuhan untuk datang langsung ke kantor cabang.
  • Cek Status Pinjaman
    Anda dapat memantau status pengajuan KPR secara langsung melalui aplikasi ini. Hal ini membantu dalam memastikan transparansi dan mempermudah Anda dalam mengikuti perkembangan pengajuan pinjaman.
  • Kemudahan Akses
    Aplikasi BTN Mobile dirancang agar mudah digunakan oleh semua kalangan, termasuk generasi milenial dan Gen Z. Fitur-fitur yang disediakan bertujuan untuk memberikan pengalaman perbankan yang lebih praktis dan terintegrasi.

Dengan adanya fitur simulasi KPR di aplikasi BTN Mobile, Anda dapat merencanakan pembelian rumah dengan lebih matang dan realistis. Fitur untuk rumah KPR hingga buka rekening siap membantu Anda dalam memahami kemampuan finansial dan memilih opsi yang paling sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Memanfaatkan teknologi digital dalam proses ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga memberikan fleksibilitas lebih dalam pengelolaan keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper