Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bappenas Ungkap Perkembangan Pembangunan IKN Nusantara

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa memastikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan rampung sesuai jadwal.
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Bisnis/Abdullah Azzam
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa memastikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan rampung sesuai jadwal. 

Suharso menyampaikan saat ini pembangunan ibu kota baru itu telah mencapai 80,82%. 

“Pembangunan IKN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di tengah Indonesia hingga saat ini telah mengalami kemajuan 80,82% dari target pembangunan tahap pertama,” jelasnya dalam Musrenbangnas 2024 di JCC, Senayan, Senin (6/5/2024). 

Dirinya memparkan di mana pembangunan tahap pertama difokuskan kawasan inti pusat pemerintahan dengan beberapa infrastruktur prioritas untuk membentuk satu kawasan yang utuh. 

Beberapa di antaranya merupakan landmark atau penanda utama kota, yaitu istana presiden dan lapangan upacara, sumbu kebangsaan dan gedung perkantoran Kementerian/Lembaga, hunian ASN, dan personal pertahanan dan keamanan. 

Selain itu, juga penyelesaian pembangunan infrastruktur sumber daya air dan jalan akses utama termasuk tol yang dibangun melalui pendanaan APBN. 

Pada tahap pertama ini juga termasuk jaringan listrik dan komunikasi, sarana dan prasarana dasar maupun penunjang seperti rumah sakit dan sekolah, serta saran olahraga yang didukung peran aktif pengusaha dan swasta dalam negeri. 

“Kami yakin pembangunan ini akan berjalan sesuai dengan rencana sebagaimana diamanatkan Undang-undang,” tuturnya.

Dirinya turut menekankan bahwa Bappenas akan terus mengawal keberlanjutan pembangunan IKN dan daerah penyangga di sekitarnya. 

“Ini bagian dari prioritas pembangunan nasional yg tertuang dalam dokumen perencanaan jangka panjang untuk jadi pedoman bagi pemerintahan berikutnya,” tutupnya. 

Di sisi lain, Suharso juga menyoroti kinerja investasi di IKN yang terus meningkat. Tercatat sudah mencapai 5 kali groundbreaking di tanah Kalimantan tersebut dengan total investasi mencapai Rp49,6 triliun. 

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan sejumlah menteri akan mulai pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai Juli 2024.

Basuki mengaku akan mulai pindah bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. 

Nantinya, kawasan Istana Presiden di IKN nantinya akan menjadi tempat upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Untuk itu, bangunan Istana Negara, lapangan upacara, serta podium ditargetkan berfungsi 100% pada Juni 2024.

Sementara para ASN, direncanakan akan mulai pindah mulai September tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper