Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Penumpang Kereta Api Setel Kipas Angin hingga Masak Nasi, KAI: Ini Aturan Pakai Colokan

PT KAI menuturkan aturan memakai colokan atau stop kontak di kereta api usai sebelumnya viral penumpang menggunakan untuk setel kipas angin hingga masak nasi.
Penumpang Kereta Api menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). PT KAI memberikan imbauan kepada penumpang soal aturan pakai colokan atau stop kontak di kereta api. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). PT KAI memberikan imbauan kepada penumpang soal aturan pakai colokan atau stop kontak di kereta api. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI angkat bicara soal penggunaan colokan atau stop kontak pada kereta api (KA) Airlangga untuk penumpang menyalakan kipas angin hingga masak nasi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengingatkan kepada para penumpang bahwa fasilitas stop kontak yang tersedia di setiap kursi kereta api hanya dapat digunakan untuk mengisi daya beberapa gawai seperti handphone, tablet, atau laptop.

Imbauan ini muncul seiring dengan munculnya penggunaan stop kontak di kereta api yang tidak seharusnya. Sebelum kipas angin portabel, KAI juga menerima laporan bahwa stop kontak tersebut juga digunakan untuk keperluan masak nasi hingga menggunakan catokan rambut.

“Selain gadget, penumpang tidak diperbolehkan menggunakan stop kontak di kereta api untuk keperluan-keperluan lainnya seperti alat elektronik rumah tangga. Hal ini dikarenakan dapat mengganggu penumpang lainnya atau berpotensi membahayakan keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api,” kata Joni saat dikonfirmasi, Senin (19/2/2024).

Joni mengatakan, penggunaan alat elektronik dengan daya listrik besar secara berlebihan dan bersamaan, dikhawatirkan dapat mengganggu fungsi kelistrikan kereta api secara keseluruhan.

Apabila penumpang mengalami kendala saat dalam perjalanan, seperti AC kurang berfungsi optimal, penumpang dapat segera menghubungi petugas Kondektur yang berdinas agar segera ditindaklanjuti. Nomor handphone petugas Kondektur tertera di masing-masing dinding kereta. 

Penumpang juga dapat menyampaikan keluhan-keluhannya dengan menginfokan kode booking melalui pesan langsung (Direct Message) kepada Contact Center KAI di media sosial KAI, email [email protected], WhatsApp 08111-2111-121, atau telepon di 121.

KAI mengimbau kepada pelanggan untuk saling menghormati dan menghargai di antara sesama pelanggan agar perjalanan kereta api tetap aman dan nyaman.

“ Kami juga berpesan kepada pelanggan untuk selalu mematuhi aturan, menjaga ketertiban, menjaga fasilitas kereta api dan stasiun karena layanan kereta api merupakan fasilitas umum,” pungkas Joni.

Adapun, dalam video unggahan akun @j*** di Instagram yang diakses Senin (19/2/2024), memperlihatkan seorang penumpang kereta api yang menggunakan stop kontak di kursi kereta untuk menyalakan kipas angin portabel.

Kejadian tersebut diketahui pada perjalanan KA Airlangga relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen. Keterangan unggahan tersebut menyebutkan kipas angin portabel tersebut ditempelkan pada rak bagasi kereta.

“Salah satu penumpang menggunakan kipas angin portabel yang ditempelkan pada rak bagasi. Kipas angin ini mendapat listrik dari stop kontak yang ada di kereta api,” demikian kutipan keterangan unggahan tersebut.

Sebelumnya, sempat viral juga cerita dari akun @rdw__pic**re* di kolom komentar @kai121_ yang mengalami mati listrik akibat ada penumpang yang masak nasi pakai rice cooker di kereta.

"Jadi keinget kejadian lupa KA apa tapi intinya dari kircon masak nasi jadi nya seluruh kereta nya padam," tulis akun @rdw__pic**re*.

Pengalaman tersebut dibenarkan oleh akun @kai121_, bahwa peristiwa tersebut terjadi di kereta Pasundan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper