Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elnusa (ELSA) Bantu Jaring Gas Milik Pertamina EP di Prabumulih Field

PT Pertamina EP Prabumulih Field telah menuntaskan pengeboran tiga sumur pengembangan yaitu PMN 12, 13, dan 14.
Pegawai Elnusa mengerjakan proyek migas. Istimewa/Pertamina
Pegawai Elnusa mengerjakan proyek migas. Istimewa/Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA — PT Elnusa Tbk (ELSA) turut berkontribusi pada peningkatan produksi gas di Prabumulih Field yang dikelola PT Pertamina EP (PEP) Prabumulih Field sebagai bagian dari PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional Sumatra Zona 4 Subholding Upstream Pertamina.

Seperti diketahui, PT Pertamina EP Prabumulih Field telah menuntaskan pengeboran tiga sumur pengembangan yaitu PMN 12, 13, dan 14 di Desa Lecah, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan.

Hasilnya, diperoleh gas ini di Stasiun Pengumpul Gas (SPG) Pakugajah Qg sebesar 11,82 MMSCFD (juta standar kaki kubik per hari) yang merupakan gabungan dari sumur PMN 12, 13, dan 14, pada 22 Januari 2024.

Saat ini, produksi minyak dari PHR Regional Sumatra Zona 4 sekitar 24.000 bopd (barel per hari) dan produksi gas sebesar 452 MMSCFD.

Direktur Operasi Elnusa Endro Hartanto mengatakan perseroan telah membantu PT Pertamina EP mencari kandungan hidrokarbon, terutama melalui jasa Wireline Logging Services selama 20 tahun terakhir.

Selain itu, Elnusa juga terlibat dalam aktivitas pengeboran eksplorasi di Prabumulih Field pada jasa Mud Logging Unit dan Drilling Fluid Services.

“Untuk pekerjaan Wireline Logging di area Zona 4 Prabumulih Field, kami turut berperan pada kegiatan Open-Hole Logging, Cased-Hole Logging hingga kegiatan Perforasi serta Pipe Recovery,” kata Endro seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (6/2/2024).

Endro mengatakan Elnusa memberikan kualitas data terbaik dengan hasil perekaman dari peralatan-peralatan terbaru dan high tech yang digunakan dalam pekerjaan Wireline Logging, sehingga pihak PT Pertamina EP pun optimis dalam upaya mencari tambahan sumber daya migas di Prabumulih Field.

“Selama ini record pekerjaan Elnusa cukup bagus, baik dari sisi harga maupun kualitas data yang diberikan cukup kompetitif. Artinya dalam layanan, kami memberikan best value, nilai yang bagus dengan harga yang bagus bagi klien,” tuturnya.

Peningkatan produksi gas di Prabumulih Field membuktikan potensi hidrokarbon yang masih menjanjikan di kawasan tersebut.

Ke depannya, Endro mengatakan Elnusa akan terus memberikan jasa energi yang unggul untuk mencapai target produksi dari Pertamina EP serta turut berkontribusi dalam mewujudkan target pemerintah terkait produksi minyak 1 juta barel per hari dan produksi gas 12 BSCFD pada tahun 2030.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper