Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Tanah Abang Hadirkan Little Bangkok, Konsep Belanja Mirip Bangkok

Kembali ramainya Pasar Tanah Abang salah satunya berkat kehadiran Little Bangkok.
Suasana di Tanah Abang jelang akhir tahun/Bisnis.com - Crysania Suhartanto
Suasana di Tanah Abang jelang akhir tahun/Bisnis.com - Crysania Suhartanto

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar grosir terbesar di Indonesia, Tanah Abang, kini kembali ramai dikunjungi oleh pembeli usai sempat mati suri akibat pandemi Covid-19 dan gempuran produk impor murah.

Kembali ramainya Pasar Tanah Abang salah satunya berkat kehadiran Little Bangkok. Tepat pada 15 Januari 2024, Pasar Tanah Abang resmi menghadirkan Little Bangkok, yang mengusung konsep berbelanja dan berdagang layaknya di Bangkok, Thailand. Rencananya, grand opening akan dilaksanakan pada 5 Februari 2024.

Little Bangkok yang berlokasi di jembatan Metro Tanah Abang ini memiliki 150 gerai yang telah terisi seluruhnya. Little Bangkok buka setiap Senin-Sabtu pukul 07.00 - 16.00 WIB.

Building Manager Pusat Grosir Metro Tanah Abang (PGMTA-JMTA) Petterson Sitindaon mengungkapkan, konsep ini sengaja dihadirkan di Pasar Tanah Abang untuk menciptakan suasana belanja seperti di Bangkok, di mana baik pengunjung maupun jastiper dapat melihat langsung barang-barang yang ada sembari melakukan live shopping.

Konsep ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berbelanja seperti layaknya di Bangkok. Selain itu, masyarakat tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk bisa memuaskan keinginannya berbelanja di Bangkok.

Meski mengusung nama Bangkok, Piter, sapaan akrabnya menegaskan, semua produk yang ada didominasi oleh produk lokal. Sedangkan sisanya, merupakan produk dari Bangkok dan China. Harga produk yang dijual bervariasi, mulai dari Rp50.000 hingga Rp250.000 per pcs.

“Model berbelanja tersebut kita ciptakan di Little Bangkok. Jadi gaya berbelanja di Bangkok itu kita bawa ke sini. Bukan produknya tapi trennya,” kata Piter saat ditemui di Pasar Tanah Abang, Senin (29/1/2024).

Berdasarkan pantauan Bisnis, lokasi Little Bangkok ramai dipadati para pengunjung yang penasaran dengan produk-produk yang dijual di tempat ini. Bahkan, di beberapa titik, para pengunjung harus berdesak-desakan untuk bisa berpindah ke gerai lainnya.

Jika dibandingkan dengan Blok lainnya, Little Bangkok lebih tertata. Misalnya, para pengunjung dapat berjalan dengan lega lantaran tidak ada barang-barang yang menghalangi di sekitaran gerai. Selain itu, di setiap gerainya, para pedagang mendekor dengan sangat apik, sehingga mampu menarik para pengunjung untuk sekedar melihat-lihat.

Mila (24) salah satu pengunjung yang mengaku penasaran dengan hadirnya Little Bangkok. Little Bangkok sendiri Mila ketahui dari media sosial Instagram. 

“Kalau di sini lebih nyaman dibandingkan Blok lain, lebih bersih, adem, dan ada security,” ujar Mila ketika ditemui.

Dia juga merasa terbantu dengan adanya Little Bangkok. Sebab, dia tidak perlu mengeluarkan ongkos yang besar untuk bisa berbelanja baju-baju lucu.

Pengalaman serupa juga dirasakan oleh Yohana (26). Pasalnya, produk di Little Bangkok dapat dibeli secara eceran. “Ini menarik sekali dan kalau dipakai untuk sendiri cocok dan kualitasnya oke,” ungkapnya.

Kembali Hidupkan Pasar Tanah Abang yang Sempat Mati Suri

Piter mengharapkan kehadiran Little Bangkok mampu membangkitkan pamor Pasar Tanah Abang yang sempat redup akibat pandemi Covid-19. Piter bersama manajemen juga berkomitmen untuk terus berinovasi agar Pasar Tanah Abang tidak sepi ditinggal pengunjung.

“Ibarat rawitnya itu Little Bangkok, kemudian rame, imbasnya dirasakan pasar-pasar di Tanah Abang lainnya,” ujarnya.

Manajemen juga menyediakan sejumlah fasilitas yang dapat membantu para pengunjung selama berbelanja di sana. Mulai dari lima lantai untuk parkiran mobil, petugas parkir yang ramah, foodcourt, area bank dengan berbagai ATM, hingga money changer untuk pengunjung dari luar negeri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper