Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Kucurkan Rp18 Miliar Investasi Pasang PLTS di 40 Stasiun & Balai Yasa

PT KAI mengucurkan investasi Rp18 miliar untuk instalasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di 40 stasiun dan 2 balai yasa.
Petugas sedang melakukan pengecekan di sebuah pembangkit listrik tenaga surya./Istimewa-PLN
Petugas sedang melakukan pengecekan di sebuah pembangkit listrik tenaga surya./Istimewa-PLN

Bisnis.com, JAKARTA -  PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI mulai menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di 40 stasiun dan 2 balai yasa. Nilai investasi yang dikucurkan untuk instalasi energi ramah lingkungan itu tembus Rp18 miliar.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengeklaim penggunaan panel surya atau solar panel di sejumlah unit kerja KAI mampu memberikan efisiensi penggunaan energi hingga 30-40%. Adapun, kapasitas solar panel di 40 stasiun tersebut mencapai 1.072,5 kilowatt peak (kWp), sedangkan total kapasitas di 2 balai yasa, yakni Balai Yasa Manggarai dan Yogyakarta sebesar 594,6 kWp.

"Jadi mengenai investasi Rp18 miliar. Apakah ini worth it? Kita lihat bahwa penghematan kira-kira 30-40% penggunaan energi. Menurut saya investasi bermanfaat, selain ada penghematan juga mengurangi emisi karbon," ujar Didiek di Balai Yasa Manggarai, Kamis (28/12/2023).

Didiek menjelaskan, implementasi PLTS di unit-unit kerja KAI menjadi bagian dari upaya korporasi menerapkan melalui environmental, social, and governance (ESG). Selain itu, dia mengeklaim langkah penggunaan solar panel juga dapat mendukung kebijakan pemerintah mengurangi gas rumah kaca menuju net zero emission pada 2060.

Secara terperinci, KAI mencatat dari PLTS yang terpasang di 40 stasiun telah mengurangi emisi gas karbon sebesar 48,21 ton selama November - Desember 2023, sedangkan instalasi PLTS di 2 Balai Yasa telah mengurangi emisi gas karbon hingga 9,29 ton.

"Sistem PLTS yang terpasang sudah terhubung dengan jaringan internet sehingga energi yang dihasilkan oleh PLTS dapat dimonitor secara real time melalui komputer ataupun aplikasi pada perangkat handphone," jelasnya.

Didiek menambahkan, penambahan instalasi PLTS bakal terus dilakukan secara bertahap pada 2024 di pelbagai bangunan KAI, seperti stasiun, balai yasa, dan gedung kantor.

"KAI konsisten mengaplikasikan ESG di perusahaan dengan harapan akan terwujud bisnis yang berkelanjutan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper