Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengumuman The Fed Soal Penurunan Suku Bunga Diperkirakan Baru Mei 2024

Pengumuman The Fed soal penurunan suku bunga pertama diperkirakan pada Mei 2024.
Logo bank central Amerika Serikat atau The Federal Reserve di Washington, Amerika Serikat./ Bloomberg
Logo bank central Amerika Serikat atau The Federal Reserve di Washington, Amerika Serikat./ Bloomberg

Bisnis. com, JAKARTA - Pengumuman Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) soal penurunan bunga tidak akan terlaksana pada lusa malam (13/12/2023). Bank Sentral Amerika Serikat itu diproyeksikan baru akan mengumumkan penurunan bunga acuan pada Mei 2024 mendatang. 

Mengutip ReutersSenin (11/12/2023), sektor perekonomian AS masih dalam tekanan. Departemen Tenaga Kerja melaporkan terjadi lonjakan angkatan kerja dengan penyerapan 199.000 pekerja, lebih baik dari perkiraan ekonomi yang memproyeksikan 180.000 orang.

Sehingga, tingkat pengangguran secara tak terduga kemudian menurun menjadi 3,7% dari 3,9% pada Oktober 2023. Kondisi yang membuat The Fed belum akan buru-buru memanaskan perekonomian dengan menurunkan suku bunga. 

Laporan yang sama juga menunjukkan  penghasilan per jam naik 0,4% dari bulan sebelumnya. Data ini juga lebih dari perkiraan dan percepatan dari bulan sebelumnya. 

Kemudian, dalam laporan terpisah, konsumen AS dilaporkan meningkat lebih dari perkiraan pada Desember 2023 karena rumah tangga melihat tekanan inflasi yang berkurang. 

Kondisi ini membuat mayoritas meyakini The Fed akan mempertahankan suku bunga pada kisaran 5,25%-5,50% dalam pertemuan 12-13 Desember 2023. 

Sebelum laporan ketenagakerjaan pada Jumat (8/12) sekitar 60% para pedagang memperkirakan bahwa penurunan suku bunga The Fed pada Maret 2023. Namun, setelah data tersebut dirilis, membuat perkiraan tersebut menurun di bawah 50% dengan penurunan pertama diperkirakan terjadi pada Mei 2024.

Pemotongan suku bunga lebih lanjut diperkirakan akan terlaksana untuk sisa tahun 2024, dengan suku bunga pada penutup tahun pada level 4%-4,25%. Hal ini dilihat karena The Fed menurunkan biaya pinjaman untuk  untuk mengimbangi ekspektasi berlanjutnya penurunan inflasi.

Para analis juga menuturkan bahwa laju peningkatan inflasi akan membantu menentukan waktu dari pivot penurunan suku bunga The Fed.

"Kami mempertahankan seruan kami agar the Fed mulai menurunkan suku bunga pada pertengahan tahun ini, namun hal ini bergantung pada inflasi yang terus menurun dan pelemahan lebih lanjut pada aktivitas ekonomi," terang ekonom Nationwide, Kathy Bostjancic

Para pengambil kebijakan The Fed juga akan merilis pandangan mereka mengenai arah perekonomian, inflasi, dan suku bunga 2024, ketika mereka menutup pertemuan terakhir pada Rabu (13/12). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper