Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarif Tol JORR, Tol ATP & Pondok Aren-Ulujami Naik Hari Ini, Cek Perinciannya!

Tarif tol JORR, Akses Tanjung Priok (ATP) dan Pondok Aren-Uljami resmi naik mulai 4 Desember 2023. Berikut perincian tarifnya.
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Banten, Minggu (15/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Banten, Minggu (15/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Tarif tol pada Ruas Tol JORR, Tol Akses Tanjung Priok (ATP) dan Tol Pondok Aren - Ulujami resmi naik mulai hari ini, Senin (4/12/2023).

"Penyesuaian tarif tol pada Ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), Akses Tanjung Priok (ATP) dan Pondok Aren - Ulujami akan mulai diberlakukan pada 04 Desember 2023, pukul 00.00 WIB," ujar Panji Satriya, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad dalam keterangan resmi dikutip Senin, (4/12/2023).

Panji mengatakan bahwa penyesuaian tarif tol telah sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.1604/KPTS/M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta Seksi W1 (Kebon Jeruk-Penjaringan), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami).

Kemudian, Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok Seksi E-1, E-2, E-3, NS (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Pondok Aren-Ulujami.

Dalam keterangannya dijelaskan bahwa penyesuaian tarif tol tersebut merupakan penyesuaian tarif regular dan sebagaimana telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol yang telah diperbarui dalam PP Nomor 17 Tahun 2021 tentang perubahan keempat atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. 

Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi dan evaluasi pemenuhan SPM jalan tol.

Ruas Tol JORR, ATP dan Pondok Aren-Ulujami merupakan ruas yang terintegrasi (toll to toll), berperan sebagai akses vital yang menjadi penggerak roda perekonomian untuk mendukung percepatan pergerakan logistik dan mobilitas orang dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Priok dan Bandara Soekarno-Hatta, mendukung perekonomian wilayah dan properti, pengembangan kawasan industri, dan pusat perbelanjaan.

Empat Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola Ruas JORR, ATP dan Pondok Aren-Ulujami yaitu PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Hutama Karya (Persero), PT Marga Lingkar Jakarta, dan PT Jakarta Lingkar Baratsatu terus melakukan upaya perbaikan guna meningkatkan pelayanan, memberikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan kepada pengguna jalan tol.

Peningkatan Layanan dibidang transaksi antara lain dengan menyediakan Mobile Reader untuk mempercepat waktu transaksi, Implementasi dan pengembangan transaksi Single Lane Free Flow (SLFF), dan peningkatan kapasitas transaksi di gerbang tol.

Pada bidang layanan Lalu Lintas, empat BUJT ini telah melakukan pemasangan Dynamic Message Sign (DMS) pada akses jalan tol dan lajur, pemasangan speed camera dan CCTV, serta pemeliharaan sarana keselamatan lalu lintas dan penyiagaan armada operasional yang terdiri dari Mobile Customer Service, derek, ambulance, rescue dan derek multiguna.

Sementara dalam hal layanan preservasi telah dilakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan tol berupa Pekerjaan Pemeliharaan Periodik (Scraping, Filling & Overlay), Pemeliharaan Penerangan Jalan Umum (PJU), Pekerjaan Beautifikasi dan Penataan Lansekap, Pekerjaan pemeliharaan rambu, Median Concrete Barrier (MCB), Guardrail, Reflector dan pengaman jalan tol, dan pekerjaan pembuatan tanggul dan saluran.

Berikut daftar tarif Tol JORR, Tol ATP, dan Tol Pondok Aren-Ulujami:

1. Ruas Tol JORR, ATP, Pondok Aren-Ulujami

- Golongan I: Rp17.000

- Golongan II dan III: Rp25.000

- Golongan IV dan V: Rp33.500

2. Ruas Jalan Tol Pondok Aren - Ulujami (Segmen Bintaro Viaduct - Pondok Ranji):

- Golongan I: Rp3.500

- Golongan II dan III: Rp5.000

- Golongan IV dan V: Rp6.500

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper