Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 MoU Migas Senilai Rp20,2 Triliun Diteken Dalam Forum Kapasitas Nasional 2023

Sebanyak 8 nota kesepahaman di sektor hulu migas senilai Rp20,2 triliun diteken selama gelaran Forum Kapasitas Nasional III 2023 di Jakarta.
Ilustrasi lapangan migas
Ilustrasi lapangan migas

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 8 nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) senilai Rp20,2 triliun diteken selama gelaran Forum Kapasitas Nasional III 2023 di Jakarta.

Ketua Panitia Forum Kapasitas Nasional, Erwin Suryadi menjelaskan MoU tersebut melibatkan SKK Migas, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), perusahaan dalam negeri, termasuk pabrikan, serta lembaga perbankan dalam kerja sama dan bisnis di ekosistem hulu migas.

Dia mengungkapkan, total nilai kontrak antarperusahaan dalam negeri yang ditandatangani di forum ini mencapai Rp20,2 triliun.

“Ini menunjukkan kontribusi signifikan industri hulu migas sebagai pendorong roda perekonomian nasional,” ujarnya dalam siaran pers yang dikutip pada Senin (27/11/2023).

Erwin menambahkan, sejak pertama diselenggarakan pada 2021, Forum Kapnas dirancang untuk memperkuat kapabilitas industri hulu migas dalam negeri.

Dia menuturkan, upaya tersebut melibatkan perusahaan operator, pabrikan, penyedia barang dan jasa, UMKM, serta industri kreatif sebagai pendukungnya.

"Dalam tahun ketiga ini, pengembangan kapasitas diperluas dengan melibatkan lebih banyak pihak, seperti akademisi, pemerintah daerah, lembaga pendidikan vokasi, dan lembaga sertifikasi," papar Erwin.

Wakil Kepala SKK Migas, Nanang Abdul Manaf, forum tersebut mempertemukan para pemangku kepentingan industri hulu migas nasional, dan menjadi eksibisi terbesar produk dalam negeri industri hulu migas di Indonesia.
Sebanyak 34 KKKS, 70 perusahaan dalam negeri, 17 asosiasi & himpunan, 35 UMKM terbaik dari seluruh daerah kerja operasi hulu migas serta serta 30 food stall/stan kuliner nusantara meramaikan eksibisi selama dua hari ke depan.

Nanang menjelaskan, Forum Kapnas terus mengalami perkembangan dari tahun-tahun sebelumnya. Pada 2021 yang merupakan kegiatan pertama, forum ini hanya mengangkat tema business matchmaking antara SKK Migas, KKKS, dan penyedia barang jasa dalam negeri.

Pada tahun selanjutnya, tema tersebut berkembang dengan adanya pembinaan terhadap perusahaan/pabrikan dalam negeri, mulai dari tingkat lokal di lima area kerja SKK Migas. SKK Migas juga berkolaborasi dengan KKKS memperkenalkan produk-produk unggulan dalam negeri di beberapa event internasional.

Memasuki penyelenggaraan ketiga, skala Forum Kapnas semakin luas. Pembinaan terhadap pelaku usaha penunjang hulu migas terus dikembangkan, termasuk menghadirkan mereka di ajang internasional.

"Kerja sama dengan pemerintah daerah serta akademisi diperkuat. Hal yang menjadi pembeda dengan tahun-tahun sebelumnya adalah terbangunnya kolaborasi dengan perbankan berikut institusi keuangan lain seperti asuransi, serta entitas bisnis berbasis teknologi digital, dalam upaya meningkatkan kualitas dan daya saing industri hulu migas Indonesia secara keseluruhan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper