Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Penyaluran KUR Rp204,17 Triliun, Masih Jauh dari Target

Realisasi penyaluran itupun masih rendah, hanya setara 68,74% dari target Rp297 triliun.
Ilustrasi kredit usaha rakyat (KUR)./ Dok. Freepik
Ilustrasi kredit usaha rakyat (KUR)./ Dok. Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp204,17 triliun kepada 3,18 juta debitur sampai dengan 7 November 2023 menurut data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP). Angka tersebut setara 68,74% dari target Rp297 triliun.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan, realisasi tersebut masih rendah, mengingat saat ini telah memasuki minggu kedua November 2023.

“Jadi penyalur harus mengejar target sekitar Rp92,82 triliun dalam waktu kurang dari dua bulan,” kata Teten dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/11/2023).

Adapun pemerintah terus berupaya untuk mempercepat penyaluran KUR sebagai upaya menjaga laju target pertumbuhan ekonomi. Sebab ekonomi Indonesia melambat pada kuartal III/2023 yakni 4,94%.

Strategi yang dilakukan diantaranya melaksanakan monitoring dan evaluasi guna mendorong penyalur KUR yang penyerapannya masih rendah. Pemerintah juga berupaya melakukan relaksasi peraturan yang masih ‘tidak jelas’ pelaksanaannya di lapangan.

Selain itu, strategi lainnya yakni dengan mendorong percepatan implementasi Kredit Usaha Alsintan (KUA) guna mendorong efisiensi penyaluran kredit/pembiayaan pada sektor pertanian.

Percepatan implementasi KUA, lanjut dia, didukung dengan optimalisasi pemerintah daerah untuk mengunggah data calon debitur KUR baru dan bekerja sama dengan penyalur KUR ke SIKP. 

“[Pemerintah] mendorong penyalur KUR untuk melakukan extra effort melalui pelaksanaan weekend banking dalam penyaluran KUR,” ujarnya.

Di samping itu, pemerintah juga terus menggenjot peningkatan akses pembiayaan KUR dengan pendampingan kepada pelaku usaha mikro ke lembaga keuangan yang tersebar di 15 provinsi. 

Tercatat hingga saat ini pemerintah telah mendampingi sebanyak 3.229 pelaku usaha mikro dengan plafon pengajuan sebesar Rp155,62 miliar dengan realisasi pencairan plafon sebesar Rp91,9 miliar.

“Seiring dengan itu, pemerintah memberikan sosialisasi KUR kepada pelaku UMKM dan Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM baik secara online maupun secara online,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper