Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulog Siapkan 200.000 Ton Beras untuk Bansos Tambahan hingga Desember 2023

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menyampaikan, bansos beras tambahan akan disalurkan mulai Desember 2023.
Aktivitas perdagangan beras di Pasar Induk Cipinang, Kamis (10/8/2023)./ BISNIS - Dwi Rachmawati
Aktivitas perdagangan beras di Pasar Induk Cipinang, Kamis (10/8/2023)./ BISNIS - Dwi Rachmawati

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Bulog menyiapkan sekitar 200.000 ton beras tambahan untuk program bantuan pangan usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperpanjang penyaluran bantuan sosial atau bansos beras 10 kilogram per keluarga penerima manfaat (KPM) hingga Desember 2023.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menyampaikan, tambahan beras tersebut akan disalurkan mulai Desember 2023.

“Jadi tambahan [bantuan beras] Desember kurang lebih 200.000 ton. Memang Pak Presiden waktu di Padang sampaikan lagi,” kata Arief kepada Bisnis, Kamis (26/10/2023).

Arief menyebut, bantuan beras sebanyak 200.000 ton tersebut berasal dari cadangan beras pemerintah (CBP). Rencananya, pemerintah akan melanjutkan pemberian bantuan beras pada tahun depan, yakni Januari hingga Maret 2023, jika anggarannya memungkinkan.

Kendati demikian, rencana tersebut perlu kembali dibahas dalam rapat terbatas (ratas) bersama Jokowi.

Adapun, pemerintah tahun ini menyalurkan bantuan pangan berupa beras kepada 21,3 juta KPM yang merupakan bagian dari program Keluarga PKH dan penerima bantuan sembako.

Bantuan tersebut bertujuan untuk memberikan bantalan sosial bagi masyarakat miskin dan rentan, ditambah lagi adanya fenomena El Nino yang memberikan dampak yang cukup besar bagi masyarakat. 

Pemerintah sebelumnya telah menyalurkan bantuan beras tahap pertama pada Maret hingga Mei 2023 dengan anggaran sebesar Rp7,9 triliun. Total beras yang digelontorkan oleh Perum Bulog sebanyak 640.000 ton.

Tahap kedua, pemerintah kembali menggelontorkan dana sebesar Rp8 triliun untuk bantuan beras periode September hingga November 2023. Adapun, penyaluran bantuan untuk periode ini masih terus dilakukan.

Pemerintah kemudian kembali memperpanjang pemberian bantuan beras hingga Desember 2023, mengingat dampak panjang yang ditimbulkan oleh fenomena El Nino.

Untuk tambahan bantuan di Desember 2023, pemerintah mengucurkan sebanyak Rp2,67 triliun sehingga jika di total anggaran yang digelontorkan untuk bantuan beras mencapai Rp18,57 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper