Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2 Anak Usaha Korindo Group Raih Sertifikasi Sustainable Forest Management

Dua anak usaha Korindo Group, yakni PT Tunas Timber Lestari dan PT Inocin Abadi meraih sertifikasi Sustainable Forest Management dari IFCC.
Direktur PT Tunas Timber Lestari dan PT Inocin Abadi, Mr. Kim Young Cheol (ketiga dari kanan) ketika menerima Sertifikasi Sustainable Forest Management IFCC. Dok Korindo
Direktur PT Tunas Timber Lestari dan PT Inocin Abadi, Mr. Kim Young Cheol (ketiga dari kanan) ketika menerima Sertifikasi Sustainable Forest Management IFCC. Dok Korindo

Bisnis.com, JAKARTA - Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH) dua anak usaha Korindo Group, yakni PT Tunas Timber Lestari dan PT Inocin Abadi yang terletak di Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Merauke meraih Sertifikasi Sustainable Forest Management (SFM) dari Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC). 

Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan pada Senin (9/10/2023) dengan dihadiri oleh Direktur Utama PT Tunas Timber Lestari dan PT Inocin Abadi Kim Young Cheol, General Manager Divisi Plantation Kim Nam Hong, Ragita sebagai perwakilan dari Direktur Executive IFCC dan Direktur PT Mutuagung Lestari Sumarna.

Sertifikat SFM IFCC merupakan sertifikat yang berstandar pada berbagai kerangka internasional untuk pengelolaan hutan lestari termasuk ITTO dan PEFC Council yang memadukan konsep perbaikan berkelanjutan (perencanaan, pelaksanaan, pemeriksaan dan tindakan).

Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC) merupakan suatu organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan pengelolaan hutan lestari di Indonesia melalui penerapan sertifikasi kehutanan yang memenuhi tolok ukur pengelolaan hutan lestari PEFC. Standar pengelolaan hutan lestari IFCC disahkan oleh PEFC.

Dalam perjalanannya untuk mendapatkan sertifikasi ini, PT Tunas Timber Lestari dan Inocin Abadi telah melewati serangkaian proses panjang mulai dari proses seleksi administratif, berbagai macam audit hingga pada penerbitan sertifikasi.

Direktur PT Tunas Timber Lestari dan PT Inocin Abadi Kim Young Cheol dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa bangga atas pencapaian perusahaan.

“Perjalanan menuju hutan lestari ini masih panjang. Namun demikian sertifikasi ini merupakan salah satu satu step untuk menuju hutan lestari,” ucapnya dalam keterangan resmi, Jumat (13/10/2023). 

Sementara itu, Ragita sebagai perwakilan dari Direktur Executive IFCC menyatakan apresiasinya terhadap komitmen PT Tunas Timber Lestari dan PT Inocin Abadi dalam mewujudkan pengelolaan hutan lestari melalui proses sertifikasi IFCC.

“Sertifikasi PT Tunas Timber Lestari dan PT Inocin Abadi diharapkan dapat mendorong dan menjadi contoh pengelola hutan lainnya melalui pencapaiannya menjalani sertifikasi IFCC serta turut membantu sosialisasi hutan kita agar sustainable dan memberi manfaat bagi Indonesia,” ujarnya.

Demikian juga terhadap peluang diterimanya produk Korindo yang bersertifikat ini dapat meningkatkan nilai tambah produk dan keterbukaan diterimanya di pasar international.

Proses sertifikasi ini adalah langkah penting dalam upaya kami untuk menjaga dan meningkatkan keberlanjutan dalam pengelolaan hutan. Dengan kolaborasi dan komitmen bersama, kami yakin bahwa praktik pengelolaan hutan berkelanjutan yang kami terapkan akan terus berkembang, memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan, masyarakat dan perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper