Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cadangan Devisa RI Diproyeksi Turun pada September 2023, Dipicu Capital Outflow

Penurunan cadangan devisa pada September 2023 akan dipengaruhi oleh outflow yang terjadi di pasar obligasi dan domestik pada periode tersebut.
Ilustrasi cadangan devisa Indonesia - Bisnis/Himawan L Nugraharn
Ilustrasi cadangan devisa Indonesia - Bisnis/Himawan L Nugraharn

Bisnis.com, JAKARTA – Posisi cadangan devisa Indonesia pada September 2023 diperkirakan kembali mengalami penurunan.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede memperkirakan cadangan devisa pada September 2023 akan bergerak pada kisaran US$135,0 miliar hingga US$136,0 miliar.

“Cadangan devisa Indonesia pada bulan September diperkirakan cenderung mengalami penurunan,” katanya kepada Bisnis, Kamis (5/10/2023).

Josua menjelaskan, penurunan cadangan devisa pada September 2023 akan dipengaruhi oleh outflow yang terjadi di pasar obligasi dan domestik pada periode tersebut.

Tercatat, aliran modal keluar atau net outflow di pasar saham sebesar US$384 juta, sedangkan net outflow di pasar obligasi mencapai US$1,03 miliar

Capital outflow pada periode tersebut pun cenderung disebabkan oleh sentimen the Fed yang menguat pasca rilis data AS dan hasil FOMC

Di sisi lain, Josua memperkirakan dampak dari peraturan yang mewajibkan devisa hasil ekspor (DHE) ditempatkan di dalam negeri, akan membantu membatasi penurunan cadangan devisa pada September 2023

Berdasarkan catatan Bank Indonesia (BI), posisi cadangan devisa pada Agustus 2023 mencapai US$137,1 miliar. Posisi tersebut  sedikit menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir Juli 2023 sebesar US$137,7 miliar.

Penurunan ini dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah dan kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah seiring dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global

BI menyatakan, posisi cadangan devisa pada Agustus 2023 setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

BI pun menilai bahwa cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper