Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga 5 Motor Honda yang Pakai Rangka eSAF, Turun atau Stabil?

Berikut adalah daftar harga 5 motor Honda yang menggunakan rangka eSAF. Apakah turun?
Honda Genio. /AHM
Honda Genio. /AHM

Bisnis.com, SOLO - Berikut adalah daftar harga terbaru 5 motor Honda yang menggunakan rangka eSAF. Rangka eSAF viral di media sosial karena banyak konsumen yang mengatakan bahannya mudah karatan.

Kemenhub sendiri telah melakukan penelitian terkait rangka eSAF yang digunakan Honda pada beberapa produk motornya.

Dari hasil penemuan Kemenhub, rangka motor eSAF Honda secara keseluruhan telah memenuhi satandar dan spesifikasinya. Hanya saja ketika Kemenhub meneliti motor Honda konsumen, mereka menemukan karat.

Dari hasil rilis resminya, peneliti Ditjen Hubdat dan KNKT juga meneliti rangka eSAF dari motor konsumen.

Berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan adanya karat pada bagian dalam rangka yang tidak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran.

Hal ini dikliam membuat air tersumbat serta berpotensi menyebabkan udara lembab di sekitar rangka dan dapat bersifat korosif.

GM Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin memastikan setiap motor Honda yang dipasarkan dan dibeli konsumen sudah dilakukan uji kualitas sehingga aman digunakan.

Ia juga menyoroti keluhan konsumen tentang karat yang dikeluhkan. Ahmad mengatakan bahwa bercak kuning itu sejatinya bukan karat melainkan laposan silicate.

"Di pasar ada temuan bercak kuning pada sepeda motor Honda. Ada beberapa konsumen yang menemukan, kami ingin menyampaikan, bahwa bercak ini sebenarnya bukan karat, tapi lapisan silicate yang tidak berbahaya dan tidak menyebabkan keropos," jelasnya di Astra Honda Motor Safety Riding Park & Training Centre di Cikarang, Bekasi, Rabu (23/8/2023).

Saat ini di pasar tanah air, ada setidaknya lima motor Honda yang menggunkan rangka eSAF, berikut adalah daftar harganya.

1. Honda Genio tahun produksi dari 2019, harga baru mulai Rp 17.700.000 untuk Genio tipe CBS-ISS. Sedangkan untuk Genio CBS, adalah Rp 17.200.000

2. Honda BeAT tahun produksi dari 2020, harga baru sekitar Rp16 jutaan

3. Honda BeAT Street tahun produksi dari 2020, harga sekitar Rp17 jutaan

4. Honda Scoopy tahun produksi dari 2020, harga baru Rp20 jutaan

5. Honda Vario 160 tahun produksi dari 2022, harga baru Rp25 juta hingga Rp28 jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper