Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LRT Jabodebek Angkut 1.308 Penumpang, Ini Daftar Stasiun & Jadwalnya

PT KAI menyebut LRT Jabodebek mampu mengangkut 1.308 penumpang melewati 18 stasiun.
LRT Jabodebek saat uji coba./ Dok. LRT
LRT Jabodebek saat uji coba./ Dok. LRT

Bisnis.com, JAKARTA – LRT Jabodebek yang mulai beroperasi 28 Agustus 2023 akan melewati 18 stasiun dengan kapasitas angkut sebanyak 1.308 penumpang setiap rangkaian kereta.

PT Kereta Api Indonesia atau KAI memaparkan jam operasional dan rute-rute LRT Jabodebek yang dijadwalkan mulai beroperasi pada 28 Agustus 2023. 

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji menjelaskan, kehadiran LRT Jabodebek diharapkan dapat menjadi salah satu solusi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya. 

Dia menuturkan, saat sudah beroperasi penuh LRT Jabodebek akan melayani masyarakat hingga pukul 23.30 WIB

“Pada saat beroperasi penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB,” jelas Agus dalam keterangan resminya, Jumat (25/8/2023).

Agus memaparkan, LRT Jabodebek memiliki 2 line perjalanan, yaitu Line Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas – Cawang – Stasiun Harjamukti/pp dan Line Bekasi yang melewati Stasiun Dukuh Atas – Cawang – Halim - Stasiun Jatimulya/pp.

Adapun, LRT Jabodebek melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, dan TMII.

Kemudian, LRT Jabodebek juga memiliki Stasiun Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

Dia melanjutkan, LRT Jabodebek akan melayani 434 perjalanan per harinya setelah beroperasi penuh. Secara keseluruhan, LRT Jabodebek memiliki 31 rangkaian kereta (trainset), dengan 27 di antaranya akan digunakan untuk operasional harian, dan 4 trainset lain sebagai cadangan. 

Agus menuturkan, setiap trainset LRT Jabodebek terdiri atas 6 kereta dengan kapasitas per rangkaian kereta sebanyak 1.308 penumpang.

Adapun, LRT Jabodebek mendukung pembayaran menggunakan sistem cashless seperti menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) perbankan. Beberapa KUE perbankan yang dapat digunakan untuk menggunakan LRT Jabodebek adalah Brizzi BRI, Tapcash BNI, E-money Bank Mandiri, e-blink Bank BTN, Flazz BCA, dan Jakcard Bank DKI Jakarta.  

“Selain itu, masyarakat juga bisa menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) KAI Commuter, Scan Qris Link Aja dan KAI Pay,” jelas Agus.

Agus menambahkan, masyarakat yang kehabisan saldo atau belum membawa kartu uang elektronik, LRT Jabodebek juga menyediakan 2 unit Ticket Vending Machine untuk top up kartu uang elektronik. Selain itu, LRT Jabodebek juga menyediakan loket penjualan kartu uang elektronik di setiap stasiun.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan LRT Jabodebek akan diresmikan pada Senin (28/8/2023) pekan depan. 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menuturkan, peresmian LRT Jabodebek rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada tanggal peresmian tersebut, LRT Jabodebek juga akan secara resmi beroperasi secara komersial atau commercial operation date (COD).  

“Peresmian dan COD pada 28 Agustus. Insyaallah diresmikan Pak Presiden,” kata Risal.

Adapun, sebelum resmi beroperasi, Kemenhub akan kembali membuka uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek untuk masyarakat pada Sabtu (26/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper