Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Rapat Subsidi Motor Listrik Siang Ini, Bakal Ada Skema Baru?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan menggelar rapat evaluasi mengenai insentif kendaraan listrik pada siang ini, Senin (31/7/2023). 
Pengunjung mencoba motor listrik Gesit di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Abdurachman
Pengunjung mencoba motor listrik Gesit di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan menggelar rapat evaluasi mengenai insentif atau subsidi kendaraan listrik pada siang ini, Senin (31/7/2023). 

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana.

“Ya hari ini sekarang jam 11 akan ada evaluasi di Presiden, saya sedang nyiapin bahan dengan pak Menteri [ESDM],” kata Dadan saat ditemui di Kementerian ESDM, Senin (31/7/2023).

Terkait dengan pembahasan intensif kendaraan listrik ini, Dadan menyebut, pihaknya sudah melalukan rapat dengan para eselon 1 Kementerian ESDM.

Lebih lanjut, terkait dengan skema baru pemberian intensif kendaraan listrik, Dadan meminta semua pihak untuk menunggu perkembangan selanjutnya.

“Nanti aja kita tunggu,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan bahwa pemerintah bakal memperluas kriteria penerima bantuan atau subsidi motor listrik yang masih sepi peminat saat ini. 

Lewat pasal 3 ayat 1 Permenperin No.6/2023 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Untuk Pembelian KBLBB Roda Dua, pemerintah membatasi penerima bantuan kepada masyarakat yang terdaftar sebagai penerima kredit usaha rakyat (KUR), bantuan produktif usaha mikro, bantuan subsidi upah dan atau penerima subsidi listrik sampai dengan 900 volt ampere (VA). 

“Kita akan perluas [kriteria], kita evaluasi dulu, yang sekarang bagus atau nggak, kalau kurang apa alternatifnya yang lebih bagus,” kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (28/7/2023). 

Selain subsidi motor listrik, Arifin mengatakan, pemerintah juga akan ikut membahas upaya untuk mempercepat torehan konversi motor konvensional menjadi setrum. 

“Pemerintah sediakan insentif untuk dua sisi, untuk konversi dan motor baru untuk bisa ganti yang 120 juta kendaraan kita konversi dengan listrik semua,” kata dia. 

Berdasarkan data Kementerian ESDM hingga 27 Juli 2023, sudah terdapat 4.578 pemohon konversi motor. Adapun, target konversi tahun ini ditarget dapat mencapai 50.000 kendaraan. 

Di sisi lain, hingga Rabu (12/7/2023), kuota subsidi motor listrik masih tersedia 198.940 unit. Artinya, minat pembelian motor listrik bersubsidi baru mencapai 1.060 unit dari total kuota sebesar 200.000 unit.

Mengacu data situs Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (Sisapira), sebanyak 970 pendaftar sudah masuk dalam daftar calon pembeli motor listrik dengan subsidi Rp7 juta per unit. 

Ratusan pendaftar tersebut saat ini masih berstatus menunggu untuk penerbitan STNK dan TNKB motor listrik. 

Sementara itu, terdapat 54 unit yang terverifikasi dan 36 unit sudah tersalurkan atau telah dilakukan penggantian potongan harga dari pemerintah ke perusahaan industri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper