Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

The Fed Sebut AS Tak Lagi Diproyeksikan Alami Resesi

Bank Sentral Amerika Serika Federal Reserve (The Fed) menyatakan kondisi ekonomi Amerika Serikat (AS) tidak lagi diproyeksikan mengalami resesi.
Gubernur Federal Reserve Jerome Powell./federalreserve.gov
Gubernur Federal Reserve Jerome Powell./federalreserve.gov

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Sentral Amerika Serika Federal Reserve (The Fed) menyatakan kondisi ekonomi Amerika Serikat (AS) tidak lagi diproyeksikan mengalami resesi.

Dalam pernyataan resminya setelah menggelar pertemuan (FOMC), Ketua The Fed Jerome Powell masih banyak yang harus dilakukan untuk melihat soft landing seperti itu.

Menurutnya, AS memiliki kesempatan agar inflasi kembali ke target tanpa kehilangan tingkat pekerjaan yang tinggi.

"Jadi staf sekarang melihat perlambatan pertumbuhan ekonomi akan terjadi akhir tahun, tetapi mengingat ketahanan ekonomi baru-baru ini, mereka tidak lagi memperkirakan resesi," katanya seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (27/7/2023).

Sebelumnya, ekonom memprediksi badai resesi akan menghadang ekonomi pada tahun ini.

Perekonomian AS diperkirakan jatuh ke dalam resesi pada kuartal III/2023. Hal itu terlihat dari indeks perputaran siklus bisnis yang turun 15 bulan berturut-turut pada Juni 2023.

Penurunan ini dipengaruhi prospek konsumen yang melemah dan meningkatnya klaim pengangguran, menandai rangkaian penurunan terpanjang sejak masa menuju resesi 2007-2009.

The Conference Board pada Kamis (20/7/2023) mengumumkan Leading Economic Index, atau ukuran yang mengantisipasi kegiatan ekonomi di masa depan turun 0,7 persen menjadi 106,1 pada Juni 2023, menyusul penurunan yang direvisis sebesar 0,6 persen pada Mei 2023.

Penurunan tersebut kemudian sedikit lebih besar dari ekspektasi rata-rata di antara para ekonom Reuters, yakni penurunan sebesar 0,6 persen.

"Secara keseluruhan, data bulan Juni menunjukkan aktivitas ekonomi akan terus melambat di bulan-bulan mendatang," ucap manajer senior indikator siklus bisnis di The Conference Board, Justyna Zabinska-La Monica.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper