Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Getol Digitalisasi UMKM, Jalin Gandeng Netzme

PT Jalin Pembayaran Nusantara melakukan upaya digitalisasi UMKM untuk mempercepat pemerataan literasi keuangan digital.
Direktur Jalin Eko Dedi Rukminto dalam pelatihan Program Percepatan Cashless Society Melalui Literasi Digital UMKM di Jakarta, Rabu (25/7/2023)./ Dok. Jalin
Direktur Jalin Eko Dedi Rukminto dalam pelatihan Program Percepatan Cashless Society Melalui Literasi Digital UMKM di Jakarta, Rabu (25/7/2023)./ Dok. Jalin

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jalin Pembayaran Nusantara melakukan upaya digitalisasi UMKM untuk mempercepat pemerataan literasi keuangan digital masyarakat melalui penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Direktur Jalin Eko Dedi Rukminto mengatakan terus mendukung pemerataan literasi keuangan digital masyarakat melalui berbagai program kolaborasi. Salah satunya dengan menggandeng PT Netzme Kreasi Indonesia dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta.

"Kami antusias dalam mendukung upaya yang dilakukan PPKUKM DKI Jakarta dan Netzme dalam meningkatkan pemahaman UMKM akan pentingnya digitalisasi dalam kemajuan bisnis mereka," katanya dalam siaran pers, Rabu (26/7/2023).

Dia menuturkan QRIS merupakan salah satu layanan pembayaran yang saat ini disediakan oleh Jalin kepada perbankan dan fintech demi memudahkan kegiatan transaksi masyarakat.

Eko menuturkan optimalisasi penggunaan alat pembayaran digital seperti QRIS yang terbukti memiliki banyak manfaat bagi bisnis, seperti otomasi sistem pencatatan dan pelaporan transaksi, menunjang perluasan layanan, hingga memberikan kemudahan dan keamanan transaksi.

Saat ini, lanjutnya, Bank Indonesia (BI) terus mengembangkan penggunaan QRIS cross-border payment yang memungkinkan kemudahan bertransaksi dilakukan di sejumlah negara, utamanya menjangkau negara-negara yang potensial di sektor pariwisata.

Selain hadir di Thailand dan Malaysia, BI juga sedang menjajaki kerja sama dengan Singapura dan Filipina.

“Inovasi ini menjadi kesempatan besar bagi para pemilik bisnis seperti UMKM dalam memperluas jangkauan pasarnya hingga ke internasional, sehingga mereka juga bisa melayani transaksi pembayaran turis berbasis QR," ujarnya.

CEO PT Netzme Kreasi Indonesia Vicky Ganda Saputra mengatakan digitalisasi UMKM memerlukan sinergi dan kolaborasi. Terlebih, UMKM adalah unit yang vital dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Perkembangan UMKM harus selalu dipantau dan dipandu, salah satu cara untuk merealisasi itu ialah digitalisasi,” jelas Vicky.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Ratu Rante Allo menilai digitalisasi UMKM adalah langkah awal menuntun pelaku usaha Indonesia untuk bersaing di pasar global.

“Tak hanya itu, digitalisasi UMKM juga membantu Dinas PPKUKM mendigitalisasi sistem pendataan, sehingga dapat menentukan langkah-langkah yang efektif dalam pengembangan UMKM," katanya.

Kegiatan pelatihan diikuti oleh 500 peserta yang terdiri dari pendamping UMKM Jakpreneur dan ASN Dinas PPKUKM DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper