Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Otorita IKN Bikin Ratusan Pelaku UMKM 'Naik Kelas', Ini Tujuannya

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) melatih ratusan pelaku UMKM agar bisa naik kelas dalam rangka program pemberdayaan masyarakat.
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Alimuddin menilai pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mempermudah pembangunan IKN.

Dia menyebut, setidaknya saat ini terdapat 350 UMKM tengah dilatih pihak OIKN untuk naik kelas. Para UMKM didampingi untuk mulai memasarkan produk ke pasar ritel, pembuatan NIB (nomor induk berusaha), hingga sertifikasi produk halal.

"Sebagaimana cita-cita pembangunan IKN untuk mensejahterakan rakyat, khususnya di daerah. Ini sekaligus menjadi solusi konflik-konflik sosial dan program pemberdayaan masyarakat," kata Alimuddin, Rabu (5/7/2023).

Pemerintah menginginkan agar nantinya UMKM di IKN bisa unjuk gigi berperan dalam rantai pasok industri, termasuk menjadi pilihan dalam belanja pemerintah.

Musababnya, pembangunan IKN bukan hanya memprioritaskan pembangunan secara fisik. Namun, pembangunan sumber daya manusia di wilayah proyek IKN, menurutnya juga menjadi lebih penting.

Adapun saat ini, kata dia, secara fisik pembangunan IKN di Kalimantan Timur sudah mencapai 29 persen. Tahun depan, IKN direncanakan mulai menjalankan fungsi pemerintahan daerah khusus.

"Supaya produk lokal bisa kita manfaatkan, bisa kita angkat derajat masyarakat lokal kita. Ini mendukung program pembangunan IKN," katanya.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Minggu (11/6/2023), OIKN berambisi mengembangkan pariwisata dan ekonomi lokal di IKN seperti di Bali. OIKN mencoba mengadopsi strategi dari Pemerintah Provinsi Bali, terutama dalam memberdayakan masyarakat dalam menggerakan roda ekonomi lokal.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper