Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Kertajati Bangkit dari Mati Suri, Layani Penerbangan Kargo hingga Haji

Lalu lintas penerbangan di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat semakin bergeliat tahun ini
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis/Rachman
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Lalu lintas penerbangan di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat semakin bergeliat tahun ini. Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) ini tercatat telah melayani beragam jenis penerbangan hingga pertengahan 2023 ini, mulai dari umum hingga haji.

Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda mengatakan, Bandara Kertajati telah ditetapkan sebagai embarkasi keberangkatan calon jemaah haji pada 2023. Dia menjelaskan, keberangkatan calon jemaah haji dari Bandara Kertajati berlangsung dari 28 Mei hingga 23 Juni 2023 dengan total 25 kloter dan jumlah calon jemaah haji mencapai 9.268 orang.

Selanjutnya, pada 9 Juli hingga 3 Agustus 2023, Bandara Kertajati juga akan melayani penerbangan kepulangan jemaah haji dengan total penerbangan sebanyak 25 kloter. 

“Kami berterima kasih atas dukungan seluruh stakeholder sehingga Bandara Kertajati mampu dengan baik melayani penerbangan umrah dan keberangkatan calon jemaah haji,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Selasa (4/7/2023). 

Selain itu, Bandara Kertajati juga telah melayani penerbangan umrah sebanyak 200 jemaah dengan maskapai Lion Air pada April 2023. Kemudian, pada Mei 2023 sebanyak 143 jemaah umrah terbang dari Bandara Kertajati menuju Tanah Suci dengan maskapai Garuda Indonesia. 

Nuril melanjutkan, maskapai Garuda Indonesia akan membuka penerbangan khusus umrah melalui Bandara Kertajati - Jeddah (Arab Saudi) mulai 6 Agustus 2023 mendatang. 

Menurutnya, pembukaan penerbangan khusus umrah menuju Jeddah sekaligus menandakan adanya potensi yang cukup besar untuk penerbangan umrah di Bandara Kertajati. Dia menuturkan, penerbangan ini memudahkan masyarakat di Jawa Barat bagian timur, seperti Cirebon, Indramayu dan Majalengka, Kuningan serta juga masyarakat di Jawa Tengah bagian barat, seperti Tegal dan Bebres untuk beribadah umrah.

Lebih lanjut, pasar penerbangan reguler di Bandara Kertajati juga perlahan kembali pulih. Mulai 17 Mei 2023, Bandara Kertajati telah melayani penerbangan reguler AirAsia menuju Kuala Lumpur, Malaysia. 

AirAsia mengoperasikan penerbangan ke Kuala Lumpur ini sebanyak 2 kali dalam seminggu, yakni pada Rabu dan Minggu. Nuril menuturkan, penerbangan dari dan ke Kuala Lumpur ini diminati oleh wisatawan kedua negara. 

Selain itu, pasar penerbangan internasional di Bandara Kertajati juga terbuka luas sejalan dengan banyaknya sektor industri di sekitar bandara.

“Kami berharap penerbangan dari Kertajati - Kuala Lumpur - Kertajati ini dapat turut mendukung pertumbuhan sektor pariwisata Jawa Barat,” ujar Nuril. 

Adapun, Bandara Kertajati juga sangat mendukung sektor industri di Jawa Barat dengan melayani penerbangan kargo.  Bahkan, pada 22 Maret 2023, Bandara Kertajati melayani pendaratan salah satu pesawat kargo (freighter) terbesar di dunia, yakni Antonov 124-100 yang membawa mesin pabrik. 

Nuril menuturkan, Bandara Kertajati sangat siap dari sisi fasilitas dan operasional untuk mendukung perekenomian di Jawa Barat. 

Kemudian, Bandara Kertajati juga telah melayani penerbangan umum (general aviation), antara lain penerbangan flying school dan private jet lainnya. Nuril mengatakan, ada sekitar tiga sekolah penerbangan yang menggunakan Bandara Kertajati sebagai tempat latihan.

Penggunaan Bandara Kertajati sebagai tempat latihan seiring dengan kelengkapan fasilitas instrument landing system (ILS) dan lainnya. Nuril berharap pihaknya juga dapat mendukung pengembangan sektor penerbangan nasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper