Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kantor BI dan Training Center PSSI Segera Dibangun di IKN, Ini Bocorannya

Badan Otorita mengungkapkan bahwa gedung kantor Bank Indonesia (BI) dan fasilitas latihan sepak bola PSSI segera dibangun di IKN.
Presiden Jokowi di Menara Pandang, kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023) - Humas Setkab/Agung.
Presiden Jokowi di Menara Pandang, kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023) - Humas Setkab/Agung.

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengungkap rencana pembangunan proyek gedung kantor Bank Indonesia dan fasilitas olahraga dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono, mengatakan 2 proyek tersebut merupakan bagian dari 9 flagship investment yang dalam waktu dekat akan menandatangani perjanjian.

"Satu dari PSSI dengan dorongan dari Ketua Umum PSSI [Erick Thohir] yang akan membangun fasilitas dengan dukungan dari FIFA ini merupakan kepercayaan dunia internasional dari FIFA yang akan membangun di IKN," kata Agung kepada Bisnis, Selasa (27/6/2023).

Agung menyebut fasilitas olahraga yang akan dibangun PSSI berada di KIPP Zona 1B IKN dengan luas lahan mencapai 34,5 hektare.

Selain fasilitas gedung olahraga PSSI, Otorita IKN juga mencatat ada 2 proyek gedung perkantoran yang akan dibangun, salah satunya adalah kantor Bank Indonesia.

Lokasi kedua proyek gedung perkantoran ini nantinya berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Zona 1A dengan luas lahan masing-masing 10 hektare dan 7 hektare. Meskipun demikian, Agung tak menyebutkan secara detail terkait proyek gedung kantor Bank Indonesia.

"Kalau nilai investasi secara keseluruhan akan tergantung dari detail bangunan. Paling ngga investasinya dari nilai tanahnya dulu berapa, kemudian baru bangunannya," ujarnya.

Agus menuturkan, pihaknya melalui Badan Usaha Otorita (BUO) yakni PT Bina Karya masih dalam proses penentuan harga tanah dan transaksi untuk pembayaran.

Dalam hal ini, Otorita IKN telah melakukan appraisal atau penilaian independen atas nilai tanah di IKN. Nilai tersebut nantinya akan menajdi acuan dalam transaksi dan negosiasi harga. Namun, Agung belum dapat memberikan detail nilai tanah yang dimaksud.

"Nilainya sudah dihasilkan dan direkomendasikan dari independen appraisal dan itu yang nanti akan menjadi acuan untuk negosiasi, tapi tentu angka itu tidak kita sampaikan, itu skemanya secara proses business to business," jelasnya.

Di sisi lain, 9 proyek flagship investment yang telah diumumkan lebih dahulu yaitu hotel bintang 4 dari PT Sirius Surya Sentosa atau Vasanta Group seluas 0,7 hektare di KIPP 1A dan hotel & resort dari PT ARCS House Wisata Indonesia (Jambuluwuk) seluas 1,2 hektare di KIPP 1A.

Selanjutnya, PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) atau Hermina juga akan membangun Rumah Sakit di KIPP 1B dengan luas lahan 2,2 hektare.

Selain itu, akan ada proyek hiburan berupa mixed-use di KIPP 1A seluas 7,3 hektare, rumah sakit kedua di KIPP 1A seluas 1,9 hektare. Kemudian, fasilitas sekolah di KIPP 1A seluas 1,2 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper