Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Optimisme Konsumen Tembus Level Tertinggi, Ekonom Ingatkan Ini

Ekonom Celios Bhima Yudhistira mengatakan bahwa meski IKK meningkat pada Mei 2023, kepercayaan konsumen kelompok bawah menunjukkan adanya tekanan.
Konsumen/Freepik
Konsumen/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Mei 2023 menguat ke level tertinggi dalam setahun terakhir, yaitu mencapai 128,3. IKK tersebut meningkat dari posisi pada April 2023 yang sebesar 126,1.

“Survei Konsumen Bank Indonesia pada Mei 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) dalam keterangan resmi, Senin (12/6/2023).

Erwin menjelaskan bahwa menguatnya keyakinan konsumen pada Mei 2023 didorong oleh penguatan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). 

IKE pada Mei 2023 tercatat menguat ke level 118,9 dari 116,6 pada April 2023, yang didorong oleh peningkatan seluruh komponen pembentuknya, terutama pada indeks ketersediaan lapangan kerja dan indeks pembelian barang tahan lama.

IEK juga tercatat meningkat ke level 137,8 pada Mei 2023 terutama didorong indeks ekspektasi kegiatan usaha.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan bahwa meski IKK secara rata-rata meningkat pada Mei 2023, kepercayaan konsumen kelompok bawah menunjukkan adanya tekanan.

Hal ini tercermin dari IKK pada kelompok pengeluaran Rp1 juta hingga Rp2 juta yang turun ke level 116,5 pada Mei 2023, dari 120,0 pada April 2023.

“Penurunan ini salah satunya disebabkan masih tingginya inflasi pangan dan kesempatan kerja di sektor informal dan formal yang belum sepenuhnya pulih,” katanya kepada Bisnis, Senin (12/6/2023).

Sementara itu, Bhima mengatakan bahwa kabar baik datang dari kelompok menengah ke atas. Dia menilai  dana simpanan di perbankan dapat segera dibelanjakan ke depan jika kepercayaan konsumen terus dalam tren yang meningkat.

Oleh karena itu, immbuhnya, tingkat kepercayaan konsumen perlu terus dijaga, terutama dalam menghadapi momen Pemilu. 

Pasalnya, pada tahun politik, kekhawatiran cenderung meningkat mengingat beberapa kebijakan ekonomi akan berubah, ketidakpastian regulasi jangka panjang misalnya soal perizinan beberapa jenis usaha, serta pemerintah yang juga lebih fokus menjaga penyelenggaraan Pemilu.

“Pengendalian inflasi dan suku bunga juga menjadi kunci agar IKK tetap bisa di atas level 100 atau optimistis,” kata dia.

Bhima menambahkan, jika konsumsi domestik dapat dijaga dan didorong lebih tinggi, harapannya pertumbuhan ekonomi masih dapat terjaga pada level di atas 5 persen tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper