Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT Asean 2023, AP I: Siapkan 4 Bandara Buat Parkir Pesawat Tamu

PT Angkasa Pura I atau AP I menyapkan 4 bandara yang menjadi lokasi parkir pesawat bagi tamu KTT Asean 2023.
Parking stand di Bandara. / Dok. AP I
Parking stand di Bandara. / Dok. AP I

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I atau AP I menyiapkan sebanyak 36 lokasi parkir pesawat atau parking stand di 4 bandara untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean 2023 di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023. 

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi memaparkan, parking stand digunakan untuk menyimpan pesawat kepresidenan dan delegasi pendukung negara-negara peserta KTT. Secara total, Angkasa Pura I menyiapkan 36 parking stand di 4 bandara yang dikelolanya.

Secara terperinci, AP I telah menyiapkan 18 parking stand khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk lokasi parkir pesawat selama penyelenggaraan KTT Asean 2023. Sementara itu, untuk contingency plan, AP I juga menyiapkan 3 bandara pendukung sebagai lokasi parkir pesawat jika diperlukan, yakni Bandara Internasional Lombok dengan 6 parking stand, Bandara El Tari Kupang dengan 4 parking stand, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 8 parking stand

"PT Angkasa Pura I siap untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT Asean 2023 melalui dukungan infrastruktur bandara untuk melayani kedatangan dan keberangkatan delegasi peserta KTT, serta lokasi parkir pesawat para delegasi baik itu pesawat kepresidenan maupun delegasi pendukung," kata Faik dikutip dari keterangan resmi, Senin (8/5/2023).

Selanjutnya, AP I juga menyiapkan parking stand pada sejumlah bandara pendukung, Faik menjelaslan, AP I menyiapkan 6 parking stand di Bandara Internasional Lombok dengan konfigurasi 6 pesawat narrow body. Kemudian, sebanyak 4 parking stand disiapkan di Bandara El Tari Kupang dengan konfigurasi 2 pesawat narrow body dan 2 pesawat small body.

Kemudian, sebanyak 8 parking stand di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar juga disiapkan dengan yang seluruhnya diperuntukkan pada pesawat narrow body.

Lebih lanjut, untuk melayani kedatangan delegasi setingkat kepala negara dan/atau pemerintahan, AP I telah menyiapkan Gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dibangun dalam rangka KTT G20 Bali lalu.

Sedangkan, untuk delegasi setingkat menteri akan dilayani melalui Gedung VIP, delegasi biasa melalui terminal internasional, serta delegasi yang menggunakan penerbangan charter dan jet pribadi akan dilayani melalui General Aviation Terminal (GAT).

Selain dukungan infrastruktur bandara, AP I juga secara khusus mengalokasikan beberapa personel untuk ditugaskan sementara di Bandara Labuan Bajo l. Hal ini dilakukan untuk mendukung kegiatan operasional serta membantu koordinasi pengaturan pesawat delegasi peserta KTT Asean 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper