Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukit Asam (PTBA) Makin Ekspansif Diversifikasi ke Bisnis Energi Terbarukan

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) makin ekspansif melakukan diversifikasi bisnis pada portofolio energi baru terbarukan
PT Bukit Asam Tbk
PT Bukit Asam Tbk

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bukit Asam Tbk (PTBA) makin ekspansif melakukan diversifikasi bisnis pada portofolio energi baru terbarukan atau EBT.

Pada 17 April 2023 lalu, PTBA menyepakati nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan HDF Energy yang merupakan perusahaan hydrogen fuel.

HDF Energy dan PTBA menjajaki kerja sama pengembangan infrastruktur hydrogen fuel berskala besar di wilayah operasi PTBA sebagai upaya pengurangan emisi karbon.

“Infrastruktur ini dapat menyediakan energi hijau yang stabil dan berkelanjutan, yang dibutuhkan untuk operasi PTBA sendiri atau dijual ke pasar,” kata Direktur Utama PT PTBA Arsal Ismail seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (5/5/2023). 

Diversifikasi bisnis itu juga ditandai dengan sinergi bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 400 kilowatt-peak (kWp) di Jalan Tol Jasa Marga Group. Misalkan, pembangunan PLTS Jalan Tol Bali Mandara yang diresmikan pada 21 September 2022 lalu untuk menyambut pergelaran KTT G20 saat itu. 

Sebelumnya, PTBA telah membangun PLTS di Bandara Soekarno Hatta melalui kerja sama dengan PT Angkasa Pura II (Persero). PLTS tersebut terdiri atas 720 solar panel system dengan photovoltaics berkapasitas maksimal 241 kWp dan terpasang di Gedung Airport Operation Control Center (AOCC). PLTS ini telah beroperasi penuh sejak 1 Oktober 2020.

Selanjutnya, PTBA melakukan penandatanganan perpanjangan MoU untuk pengembangan PLTS di wilayah jalan tol lainnya yang berada di dalam pengelolaan Jasa Marga Group pada 24 Februari 2023 lalu. 

Perpanjangan MoU ini merupakan wujud kolaborasi dan sinergi BUMN yang berkelanjutan dalam mendukung upaya pengurangan emisi karbon global. 

Selain itu, PTBA dan PT Timah Tbk. menjajaki potensi kerja sama pengembangan PLTS di lokasi operasional Timah sebagai bentuk sinergi anggota Holding MIND ID. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan MoU Sinergi Pengembangan Energi Terbarukan pada 26 Januari 2023. PTBA melalui anak perusahaannya, PT Bukit Energi Investama (BEI) akan membangun PLTS untuk mendukung kegiatan operasional PT Timah.

PTBA juga menjajaki potensi kerja sama pengembangan PLTS di lokasi operasional Semen Indonesia Group (SIG). Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan MoU Pengembangan EBT untuk PLTS pada 18 Oktober 2022 yang direncanakan akan dimulai untuk pemenuhan kebutuhan energi operasional PT Semen Padang.

Di samping itu, PTBA memiliki sejumlah lahan bekas tambang yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan PLTS. Di antaranya adalah lahan pascatambang Ombilin di Sumatra Barat seluas 201 hektare (ha) dan di Tanjung Enim seluas 224 ha. Potensi PLTS di masing-masing lahan tersebut mencapai 200 megawatt (MW). Ada juga lahan pasca-tambang Bantuas seluas 30 ha di Kalimantan Timur dengan potensi 30 MW. 

"Lahan-lahan tersebut milik perseroan sehingga tidak perlu dilakukan pembebasan lahan. Dengan begitu, biaya investasi untuk PLTS dapat ditekan sehingga listrik yang dihasilkan bisa kompetitif. Lahan-lahan bekas tambang pun jadi produktif. Tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan, tapi juga bernilai ekonomi," kata Arsal.

Tak hanya pembangkit tenaga surya, PTBA bersama China Huadian Corporation (CHD) melalui nota kesepahaman  yang ditandatangani pada tanggal 18 Oktober 2022 menjajaki pengembangan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) berkapasitas sekitar 1.300 MW di China Selatan dan pengembangan energi terbarukan lainnya di Indonesia yang saat ini sedang dalam proses feasibility study.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper