Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Netflix Kehilangan Satu Juta Pengguna di Spanyol Karena Kebijakan Kata Sandi

Netflix mengumumkan biaya bulanan US$6,57 untuk pengguna di Spanyol yang membagikan akun mereka dengan orang lain.
Logo Facebook Inc, Amazon.com Inc, Netflix Inc, dan Google berada di perangkat ponsel pintar dan tablet./Bloomberg
Logo Facebook Inc, Amazon.com Inc, Netflix Inc, dan Google berada di perangkat ponsel pintar dan tablet./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Netflix Inc. harus kehilangan lebih dari satu juta pengguna di Spanyol sejak awal 2023 karena mengeluarkan kebijakan keras terkait berbagi kata sandi akun streaming tersebut.

Seperti diketahui, awal Februari Netflix mengumumkan biaya bulanan US$6,57 untuk pengguna di Spanyol yang membagikan akun mereka dengan orang lain dan langkah-langkah teknis untuk mendeteksi pembagian tersebut.

Dilansir dari Bloomberg pada Rabu (26/4/2023), penelitian Kantar melaporkan kebijakan ini justru menciptakan penurunan jumlah pengguna lebih dari satu juta, bahkan dua pertiga di antaranya menggunakan kata sandi orang lain.

"Jelas sekali bahwa penurunan tajam ini disebabkan oleh tindakan keras tersebut," kata Direktur Divisi Worldpanel Kantar Dominic Sunnebo.

Menurutnya, hilangnya satu juta pengguna, meskipun sebagian besar bukan pelanggan berbayar, akan menjadi pukulan bagi Netflix dalam hal rekomendasi dari mulut ke mulut untuk tayangan dan layanannya. 

Berdasarkan penelitian Kantar, pembatalan langganan pada kuartal pertama meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Dari seluruh pelanggan Netflix yang tersisa di Spanyol, sepersepuluhnya mengatakan mereka berencana untuk berhenti berlangganan pada kuartal kedua.

Biaya serupa juga diberlakukan di Portugal, Kanada, dan Selandia Baru setelah diluncurkan di beberapa negara Amerika Latin.

"Kami melihat reaksi pembatalan di setiap pasar ketika kami mengumumkan berita ini. Di Kanada, basis keanggotaan berbayar kami sekarang lebih besar daripada sebelum peluncuran berbagi berbayar dan pertumbuhan pendapatan telah meningkat dan sekarang tumbuh lebih cepat daripada di AS," jelas pihak Netflix.

Pihak Netflix menjelaskan secara global, lebih dari 100 juta orang menggunakan akun yang tidak mereka bayar. Meski demikian, perusahaan ini tidak merinci angka ini berdasarkan negara.

Minggu lalu Netflix mengumumkan jumlah pelanggan baru pada kuartal pertama meleset dari target, tetapi perusahaan mengatakan rencana pengawasan kata sandi dan versi streaming yang lebih murah dengan iklan akan mempercepat pertumbuhan pada paruh kedua 2023.

Adapun, data Kantar menunjukkan investasi Netflix dalam konten bahasa Spanyol tampaknya membuahkan hasil. Dalam tiga bulan pertama 2023, dua dari lima serial yang paling banyak ditonton di Spanyol tersedia untuk streaming di Netflix.

Sebagai informasi, perusahaan ini membuka pusat produksi Eropa pertamanya di Madrid pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper