Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ketiga Lebaran, Stasiun Pasar Senen Masih Diramaikan Pemudik

Memasuki hari ketiga lebaran Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat masih terus ramai.Berdasarkan pantauan Bisnis, Senin (24/4/2023).
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki hari ketiga lebaran Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat masih terus ramai.

Berdasarkan pantauan Bisnis, Senin (24/4/2023) pukul 11.30 WIB tampak di kursi tunggu, serombongan calon penumpang terus berdatangan untuk berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

Mereka juga terlihat membawa koper maupun tas yang berukuran cukup besar sambil tangannya menjinjing kardus.

Sejumlah porter tampak membantu para penumpang membawakan barangnya.

Antrean pemudik untuk memasuki peron juga tampak mengular. 

Melalui pengeras suara, Petugas KA berulang kali meminta calon penumpang untuk tidak menghalangi pintu keberangkatan.

"Mohon kerja samanya bagi para pelanggan KA untuk menunggu di kursi yang telah kami sediakan agar tidak mengganggu pelanggan lain," tegas salah satu petugas stasiun. 

Stasiun Pasar Senen tercatat padat di pukul 12.00-14.00 WIB. Kepadatan terjadi lantaran kereta tujuan Surabaya, Purwosari dan Blitar berangkat pada waktu tersebut.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa membenarkan volume pengguna jasa yang berangkat di Pasar Senen masih terus tinggi.

Bahkan, angka keberangkatan di Pasar Senen pada 24 April 2023 okupansi penumpang masih diangka 90 persen dari total ketersediaan tempat duduk. 

"Hari ini terdapat sekitar 23.400 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi," ujarnya. 

Sementara berdasarkan data Minggu 23 April 2023 sekitar 628 ribu tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. 

Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 sampai dengan 23 April 2023. 

Sementara itu, mulai 24 April 2023 angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami peningkatan, secara total pada hari ini terdapat sekitar 40 ribu pengguna yang tiba.

"Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dari masa normal," ungkapnya.

Pada masa angkutan lebaran 2023 mulai 12 April (H-10) hingga 3 Mei (H+10) secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan hingga satu juta tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. 

Adapun dari jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA Tambahan sebanyak 303 KA yang tiket nya sudah dapat dipesan sejak Senin 13 Maret 2023. 

"KA tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper