Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duh! Boeing Hentikan Pengiriman Beberapa Unit 737 MAX, Ada Apa?

Apa penyebab Boeing hentikan beberapa unit pesawat 737 Max? Simak penjelasannya.
Boeing 737 MAX yang merupakan pesawat buatan Boeing yang paling banyak diminati. /Boeing
Boeing 737 MAX yang merupakan pesawat buatan Boeing yang paling banyak diminati. /Boeing

Bisnis.com, JAKARTA – Boeing, perusahaan pembuat pesawat asal Amerika Serikat, memutuskan untuk menghentikan pengiriman sejumlah unit Boeing 737 MAX. 

Keputusan tersebut diambil Boeing lantaran kualitas pemasok baru oleh Spirit AeroSystems tidak sesuai harapan. Diperkirakan, masalah ini dapat mempengaruhi jumlah signifikan pesawat 737 MAX yang tidak terkirim baik dalam produksi maupun penyimpanan.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa hal tersebut dapat mengakibatkan penurunan pengiriman tipe Boeing 737 MAX dalam waktu yang dekat.

Dilansir dari Reuters pada Jumat (14/4/2023), saham Boeing turun sebesar 5,3 persen dan saham Spirit AeroSystems turun 11,8 persen setelah pengumuman tersebut diberitakan.

Pihak Boeing menjelaskan bahwa masalah yang dialami oleh 737 MAX bukanlah masalah pada keselamatan penerbangan. Mereka mengatakan bahwa pesawat dalam layanan dapat tetap beroperasi.

Administrasi Penerbangan Federal atau FAA mengatakan bahwa mereka telah memastikan tidak terdapat masalah pada masalah keselamatan. Badan tersebut akan melakukan evaluasi terhadap setiap pesawat yang terkena dampak sebelum pengiriman.

Boeing menolak berkomentar apakah masalah tersebut akan mengharuskannya untuk membatalkan rencana peningkatan produksi 737 pada tahun ini.

"Kami telah memberi tahu FAA tentang masalah ini dan sedang bekerja untuk melakukan inspeksi dan mengganti perlengkapan yang tidak sesuai jika diperlukan," kata Boeing.

Pada Kamis malam (13/4/2023), United Airlines melakukan diskusi dengan Boeing dan mengatakan bahwa saat ini tidak ada harapan dari mereka terkait dampak signifikan pada rencana kapasitas untuk musim panas atau sisa tahun.

Administrasi Penerbangan Federal telah meneliti pesawat Boeing sejak dua kecelakaan pesawat fatal yang terjadi pada 2018 dan 2019 dan selalu memeriksa setiap sebelum pesawat 737 MAX dan 787 dikirim untuk beroperasi.

Berdasarkan situs resmi Boeing, 737 MAX menawarkan kelas ekonomi yang sangat baik sekaligus mengurangi penggunaan bahan bakar dan emisi hingga 20 persen, serta mengurangi hingga 50 persen suara bising dari pesawat-pesawat sebelumnya.

Bukan hanya itu, penumpang juga dapat menikmati interior dari Boeing Sky dengan pahatan dinding yang modern dan, pencahayaan LED yang memberi kesan lebih luas dan bagasi kabin lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper