Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran, Kemenhub Ramp Check KA di Semarang hingga Yogyakarta

Kemenhub melakukan ramp check kereta api di Semarang hingga Yogyakarta jelang mudik Lebaran 2023.
Perjalanan dengan kereta api/pegipegi
Perjalanan dengan kereta api/pegipegi

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pemeriksaan kelaikan operasional (ramp check) sarana perkeretaapian di wilayah Semarang, Solo, hingga Yogyakarta jelang mudik Lebaran 2023.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Semarang Putu Sumarjaya mengatakan pelaksanaan rampcheck dipusatkan di Solo Balapan (Depo Kereta, Depo Lomomotif), PUK Lempuyangan, Yogyakarta (Depo Kereta, Depo Lomomotif), Depo KRL Klaten, Purwokerto-Kutoarjo-Cilacap) (Depo Kereta, Depo Lomomotif).

"13-17 Maret 2023 sudah terlaksana rampcheck di Solo dan Yogyakarta, objeknya lokomotif, kereta, KRL dan KRD," kata Putu dalam siaran pers, Jumat (17/3/2023).

Dia menambahkan mulai 20 Maret 2023 dilanjutkan proses rampcheck di Purwokerto, Kutoarjo, hingga Cilacap. Pemeriksaannya meliputi aspek administrasi, sarana angkutan penumpang yang dioperasikan untuk mudik Lebaran 2023 itu harus berlaku masa uji berkalanya, dibuktikan dengan sertifikat kelaikan sarana/tanda lulus uji.

Kemudian, lanjutnya, terdapat pemeriksaan aspek teknis, pemeriksaan item seperti badan sarana, kabin masinis, peralatan pengereman, peralatan pengendali, peralatan keselamatan sampai peralatan penunjang.

Dia menuturkan kereta yang lolos proses rampcheck akan diberikan stiker ditempel di badan sarana. Dari tempelan stiker tersebut, calon penumpang KA bisa tahu kalau keretanya sudah dicek.

Pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian sarana perkeretaapian di Yogyakarta, Klaten dan Surakarta dilakukan pada 7 lokomotif, 36 unit KRL, 43 unit KRD dan 226 kereta.

"Secara umum, hasil pemeriksaan laik dan siap operasi baik dari segi kuantitas maupun kualitas," ujarnya.

Kendati demikian, lanjutnya, ada beberapa lokomotif yang belum bisa diperiksa karena sedang dalam masa perawatan (overhaul). Segera setelah perawatannya selesai, Tim Direktorat Sarana Perkeretaapian dan BTP Semarang melakukan pemeriksaan.

Sebagai informasi, rampcheck dilakukan saat loko, kereta, KRL, dan KRD stabling (window time). Hal ini dimaksudkan agar operasional perjalanan kereta tetap normal.

Sarana KA angkutan penumpang yang telah menjalani pemeriksaan antara lain: KA Taksaka, KA Bengawan, KA Sancaka, KA Senja Utama, KA Lodaya, KA Joglosemarkerto, KA Jaka Tingkir, KA Bandara YIA, KA Prambanan Ekspres, KRL Yogya-Solo-Palur dan KA Perintis Bathara Kresna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper