Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiket Kereta Mudik Lebaran 2023 dari Jakarta Tinggal Sisa Segini

PT KAI Daop 1 mencatat jumlah tiket kereta api yang tersisa untuk keberangkatan H-10 hingga H-1 Lebaran 2023 dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional I Jakarta menyebutkan jumlah tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) yang tersisa untuk keberangkatan mudik Lebaran 2023 dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen masih tersisa 158.526 tiket.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa memaparkan khusus penjualan tiket Angkutan Lebaran kali ini, pembelian dapat dilakukan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan KA (H-45). Melalui kebijakan tersebut, terhitung mulai 26 Februari 2023 lalu pelanggan sudah dapat membeli tiket KA keberangkatan awal dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk jadwal berangkat 12 - 21 April 2023 atau H-10 sampai H-1 lebaran.

Sementara jadwal keberangkatan selanjutnya dapat dipesan sesuai kebijakan pemesanan tiket kereta api yang mulai dijual sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan KA (H-45).

Dia menjelaskan, untuk jadwal keberangkatan pada 12 - 21 April dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen terdapat ketersediaan tempat duduk sekitar 313.526 kursi. Dari jumlah tersebut, sekitar 155.000 tiket atau 49,43 persen di antaranya telah terjual.

“Jumlah pemesanan tiket dan ketersediaan tempat duduk masih dapat berubah mengingat penjualan masih berlangsung dan masih ada program KA tambahan yang akan dijalankan,” jelasnya dikutip dari keterangan resmi, Selasa (7/3/2023).

Dari data pemesanan tiket untuk masa angkutan pra lebaran, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan H-4 hingga H-1 atau pada 18 - 21 April. Sehingga, okupansi pada beberapa KA di tanggal tersebut ada yang telah mencapai 90 persen per KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. 

Beberapa tujuan favorit untuk KA yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta diantaranya adalah Yogyakarta, Kutoarjo, Purwokerto, Surabaya Pasar Turi, Semarang, Tegal, Kebumen dan Kroya. 

“Secara keseluruhan ketersediaan tempat duduk untuk pemberangkatan 12 - 21 April masih cukup tersedia, masyarakat dapat menyesuaikan kembali pilihan tanggal dan jam keberangkatan jika ketersediaan tiket pada jadwal favorit seperti H-4 hingga H-1 sudah terjual,” jelas Eva.

Eva mengingatkan penumpang dapat memesan tiket mudik ini melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper