Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Mario Dandy, Gaya Hedon PNS Bea Cukai Yogyakarta Jadi Sorotan

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2021, ED tercatat memiliki memiliki 9 mobil dan 5 di antaranya termasuk jenis mobil antik.
Petugas Dirjen Bea dan Cukai mengecek pengiriman barang/ Dok. Ditjen Bea Cukai Kemenkeu.
Petugas Dirjen Bea dan Cukai mengecek pengiriman barang/ Dok. Ditjen Bea Cukai Kemenkeu.

Bisnis.com, JAKARTA — Pegawai Negeri Sipil (PNS) berstatus Kepala Kantor Bea dan Cukai Yogyakarta berinisial ED kini menjadi sorotan publik lantaran sering memamerkan gaya hidup mewah melalui media sosial.

Salah satu warganet dengan akun Twitter bernama @paijodirajo mengunggah sebuah tangkapan layar yang memperlihatkan ED kerap berswafoto dengan motor gede (moge) serta mobil antik.

“Banyak pegawai Kemenkeu yang suka gaya-gayaan mulai bersih-bersih sosmednya. Dari seragamnya, sepertinya itu pegawai bea cukai nih,” cuitnya dikutip Bisnis, Rabu (1/3/2023).

Berdasarkan informasi di situs web Bea Cukai Yogyakarta, ED resmi diperkenalkan sebagai kepala kantor pada 25 April 2022. Sebelum menjadi Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, ED sebelumnya menduduki posisi Kepala Kantor Bea Cukai Purwakarta.

Dalam sambutannya sebagai Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta itu, ED berpesan kepada seluruh pejabat dan pegawai Bea Cukai untuk menjaga integritas dan menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Dia juga mengingatkan untuk terus bekerja keras demi Indonesia.

Namun, di media sosial, ED rupanya kerap memamerkan gaya hidup mewah dengan mengunggah foto dirinya saat menunggangi moge hingga mobil antik.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2021, ED tercatat memiliki memiliki 9 mobil dan 5 di antaranya termasuk jenis mobil antik. Seluruh mobil tersebut bernilai Rp2,9 miliar dengan status hasil pembelian sendiri.

Adapun, ED memiliki total kekayaan Rp6,72 miliar, yang terdiri atas tanah dan bangunan senilai Rp12,5 miliar, transportasi Rp2,9 miliar, harga bergerak Rp100,7 juta, dan kas Rp238,90 juta. Jumlah ini kemudian dikurangi utang sebesar Rp9,01 miliar.

Sorotan publik terhadap ED seiring dengan berjalannya kasus Rafael Alun Trisambodo dan anaknya Mario Dandy Satriyo. Sebagaimana diketahui gaya hidup keluarga Rafael menjadi perbincangan setelah Mario ditangkap dan ditetapkan sebagai pelaku penganiayaan. 

Mario kemudian diketahui masyarakat kerap memamerkan gaya hidup mewah melalui media sosial. Merek-merek otomotif seperti Harley Davidson dan Jeep menghiasi laman Instagram pribadinya sebelum kemudian hilang setelah kasus penganiayaan mencuat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper