Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sri Mulyani Bakal Sulap PT SMI Menjadi 'World Bank' bagi Pemda

Menkeu Sri Mulyani bakal sulap PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) menjadi World Bank bagi Pemda.
Bank Dunia atau World Bank/Istimewa
Bank Dunia atau World Bank/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana menyulap PT Sarana Multi Infrastruktur atau PT SMI selaiknya Bank Dunia atau World Bank bagi pemerintah daerah (pemda).

“Kami saat ini sedang mencoba melakukan transformasi pada PT SMI dengan menjadikannya semacam World Bank untuk daerah,” ujar Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kemenkeu Luky Alfirman dalam rapat dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (8/2/2023).

Sebagai catatan, Bank Dunia adalah lembaga internasional yang memberikan dukungan berupa dana, konsultasi dan penelitian untuk negara berkembang agar memajukan perekonomiannya.

Luky menuturkan nantinya penerima pembiayaan dari PT SMI adalah 546 pemerintah daerah yang ada di Indonesia. Menurutnya, transformasi PT SMI tersebut bertujuan agar pemda memiliki alternatif pembiayaan sehingga tidak hanya bergantung pada pemerintah pusat.

Hal itu sesuai dengan semangat Undang-undang No. 1 /2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD) yang mendorong pemda supaya mencari lebih banyak alternatif pembiayaan dalam pembangunan daerahnya.

Sebagaimana diketahui, pemda memiliki opsi pembiayaan dari lembaga keuangan bank dan nonbank guna menutupi defisit. Adapun, penerimaan daerah mayoritas bersumber dari transfer APBN dan pendapatan asli daerah yang berasal dari pajak.

“Semangat dari UU HKPD salah satunya adalah bagaimana pemda harus bisa mengeksplorasi alternatif pembiayaan, bukan hanya terkait dengan transfer ke daerah tetapi juga kita buka keran pembiayaan, mulai dari pinjaman, obligasi, sukuk, dan lain sebagainya,” kata Luky.

Meski demikian, dia menyatakan bahwa pemerintah tidak bisa memaksakan opsi yang akan diambil oleh pemda. Namun, Kemenkeu berupaya memfasilitasi setiap pemda guna memudahkan mereka mencari alternatif pembiayaan salah satunya melalui PT SMI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper