Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 5 Fakta Unik Kereta Panoramic yang Setop Beroperasi Hari Ini

Kereta Panoramic yang berhenti beroperasi pada hari ini ternyata memiliki 5 fakta unik.
Kereta Panoramic / PT KAI
Kereta Panoramic / PT KAI

Bisnis.com, JAKARTA - Kereta Panoramic yang setop beroperasi mulai hari ini 9 Januari 2023 hingga batas waktu yang belum ditentukan, ternyata memiliki 5 fakta unik.

Padahal, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat okupansi rata-rata per harinya mencapai kurang lebih 90 persen.

Kereta Panoramic, yang dikelola oleh KAI Wisata, telah beroperasi selama angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada 24 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023.

Humas KAI Wisata M. Ilud Siregar menjelaskan keputusan tersebut dilakukan karena perseroan sedang menjalankan proses evaluasi terhadap pola pengoperasian perjalanan Kereta Panoramic dalam meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi para penumpang.

“Dalam proses evaluasi dan peningkatan pelayanan serta perbaikan untuk sementara Kereta Panoramic tidak beroperasi sampai dengan kabar perjalanan dan pengeporasian kereta panoramic selanjutnya,” ujar Ilud, Minggu (8/1/2022).

Adapun, kereta mewah ini, bekerja sama dengan Balai Yasa KAI Surabaya Gubeng, bengkel kereta yang telah beroperasi sejak 1913. Basisnya adalah gerbong kereta eksekutif dan telah dikerjakan sejak awal 2022 dengan mencontoh produk sejenis dari operator kereta Glacier Express di Swiss.

Berdasarkan laman Indonesia.go.id, Kereta Panoramic memiliki sejumlah fakta-fakta unik yang sayang untuk dilewatkan.

5 Fakta Unik Kereta Panoramic yang Setop Beroperasi:

1. Tampilan Mewah

Eksterior KA Panoramic ini dibalut warna royal green glossy dengan garis livery emas sehingga memunculkan kesan mewah. Tampilan interiornya berupa gerbong berjendela sangat besar di kedua sisi dengan dinding bermotif panel kayu jati (wooden panel) krem.

2. Atap Kaca

Atap kereta ini memiliki pola persegi (emerald panoramic roof) memanjang transparan dari depan hingga belakang. Sekilas mirip konsep sunroof pada atap mobil.

Kacanya diklaim tak mudah pecah oleh benturan benda keras dari luar kereta, juga mampu menyerap panas sinar matahari sehingga kabin gerbong tidak panas.

Tak perlu khawatir silau oleh terpaan sinar matahari meski gerbong sudah sejuk, karena ada tirai canggih yang akan menutup otomatis (automatic roller blind) jika kita menekan tombol di salah satu sisi kursi penumpang.

3. Kursi Berputar

Kursi KA Panoramic bisa diputar menghadap ke jendela besar agar penumpang bisa menikmati pemandangan alam yang indah di luar kereta. Selain itu, ada stop kontak untuk mengisi daya gawai.

4. Toilet Canggih

Toilet yang disediakan memiliki perangkat yang canggih serta keran air dan pengering nirsentuh. Lewat sentuhan teknologi canggih, air akan berhenti mengalir dalam hitungan beberapa detik untuk menghemat pemakaian.

5. Lounge Makanan 

Tepat di gerbong paling belakang ada semacam lounge dengan pengaturan kursi bak di restoran. Supaya penumpang tidak bosan, kru kereta menyiapkan aneka kegiatan seperti pertunjukan musik hidup (live music), tari topeng Saqras dari Suku Paucartambo dengan kostum berwarna cerah seperti pelangi. Setelah itu, penumpang disuguhi atraksi peragaan busana dengan model para awak kereta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper