Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah! Warren Buffet Diam-Diam Punya Dua Saham Ini dalam Portofolionya

Warrent Buffet memiliki dua portofolio saham yang dikelola oleh anak usaha Berkshire Hathaway, England Asset Management (NEAM).
Warren Buffet
Warren Buffet

Nvidia

2.    Nvidia

Nvidia telah berkembang pesat sejak menemukan unit pemrosesan grafis  atau Graphic Processing Unit (GPU) pada tahun 1999, sebuah chip yang membawa efek visual revolusioner ke video game.

GPU dibuat untuk melakukan miliaran atau bahkan triliunan kalkulasi secara bersamaan, yang berarti GPU dapat memproses banyak data dengan sangat cepat.

Kualitas itu membuat Nvidia sangat baik dalam merender grafik ultra-realistis, bahkan, Nvidia memegang lebih dari 90 persen pangsa pasar GPU workstation.

Namun, GPU juga telah banyak digunakan di pusat data, di mana mereka mempercepat beban kerja yang kompleks seperti kecerdasan buatan (AI) dan komputasi ilmiah.

Saat ini, Nvidia memegang lebih dari 90 persen pangsa pasar dalam akselerator superkomputer, dan GPU-nya telah menjadi identik dengan infrastruktur AI, menurut Forrester Research.

Selain itu, Nvidia menggandakan bisnis pusat datanya dengan mendiversifikasi portofolionya dengan solusi jaringan berkecepatan tinggi dan perangkat lunak berlangganan. Salah satunya, AI Enterprise adalah rangkaian perangkat lunak yang merampingkan pengembangan aplikasi AI.

Nvidia AI menggunakan komputasi di hampir setiap industri, termasuk robot otonom dalam logistik, avatar cerdas dalam layanan pelanggan, dan pencegahan kerugian di ritel.

Sayangnya, industri semikonduktor bersifat siklis, dan tekanan ekonomi telah memperburuk kondisi ini. Inflasi yang tinggi menurunkan permintaan chip grafis dan pusat data sekaligus memberikan tekanan terhadap biaya operasional.

Pukulan tersebut itu menyebabkan kinerja keuangan Nvidia mengecewakan selama setahun terakhir. Pendapatan naik hanya 18 persen menjadi US$28,6 miliar, dan arus kas bebas turun 33 persen menjadi US$4,8 miliar.

Untungnya, Nvidia siap untuk mempercepat kembali pertumbuhan ketika tekanan ekonomi memudar. perusahaan ini juga berencana untuk merilis chip CPU pertamanya tahun ini.

Dengan nama kode Grace, CPU adalah chip server yang dirancang untuk mempercepat tugas-tugas seperti pembelajaran mesin, dan itu harus memperkuat pentingnya Nvidia di pusat data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper