Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Potensi Cuaca Ekstrem, PLN Siagakan 4.910 Personel Amankan Kelistrikan

PLN melakukan sejumlah antisipasi potensi cuaca ekstrem di Jakarta dan sekitarnya guna mematikan kelistrikan tetap aman.
Petugas memasang kabel tegangan tinggi di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/3/2020). Bisnis/Dedi Gunawan
Petugas memasang kabel tegangan tinggi di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/3/2020). Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) menyiagakan 4.910 personel guna mengamankan kelistrikan di Jakarta. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi potensi cuaca ekstrem seperti yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BMKG sebelumnya memprakirakan wilayah Jabodetabek akan dilanda cuaca ekstrem selama beberapa hari ke depan. 

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan PLN sudah melakukan koordinasi dengan BMKG terkait potensi hujan lebat di Jakarta Raya dan Banten sejak 26 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan BMKG terkait adanya potensi ancaman cuaca buruk. Kami bersiaga untuk mengamankan sistem kelistrikan, baik pembangkit, transmisi, distribusi maupun di sisi pelanggan khususnya di Jakarta dan sekitarnya," kata Darmawan dalam keterangan yang diterima Bisnis pada Rabu (28/12/2022).

PLN juga menyiagakan perlengkapan pendukung kelistrikan berupa 48 unit Uninterrupted Power Supply (UPS), 12 unit Unit Kabel Bergerak (UKB) sepanjang 6.635 meter, 50 Unit Gardu Bergerak (UGB) total daya 14.480 kVA, 30 unit Genset dan 20 unit Powerbank total kapasitas 8.890 kilovolt ampere (kVA). 

Untuk operasional mobile, PLN mengerahkan 8 unit crane dan 10 unit kendaraan deteksi stand by di Jakarta dan Banten yang akan langsung bergerak di titik pemulihan kelistrikan.

Selain itu, PLN juga menyiagakan 89 posko yang beroperasi penuh selama 24 jam serta 43 perahu karet yang tersebar di Jakarta dan Banten, guna mengantisipasi banjir yang dapat diakibatkan oleh cuaca ekstrem ini. 

"Kami juga sudah menyiagakan pasokan listrik khususnya di rumah pompa utama pengendali banjir. Enam lokasi rumah pompa utama ini dilengkapi Automatic Change Over (ACO). Selain itu, untuk dukungan tambahan kami juga menyiapkan 263 buah pompa banjir," ujarnya.

PLN juga meninggikan 149 gardu, memasang boks pemutus jurusan arus listrik di beberapa daerah serta menguatkan pasokan listrik ke 213 lokasi rumah pompa di wilayah Jakarta dan Banten untuk mengantisipasi cuaca ekstrem ini. 

Darmawan mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam mengoperasikan jaringan listrik di rumah. Terutama, ketika banjir sudah melanda maka masyarakat perlu segera mematikan listrik dari MCB.

"Setelah itu segera hubungi PLN melalui PLN Mobile, Contact Center 123 atau Kantor PLN terdekat untuk meminta dipadamkan aliran listriknya sementara waktu. Petugas PLN juga akan berpatroli di wilayah yang tergenang banjir untuk melakukan pengamanan suplai listrik," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper