Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Rampungkan Pembangunan 152 Proyek Strategis Nasional per Desember 2022

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebut per Desember 2022 pihaknya telah menyelesaikan 152 PSN. Adapun 46 PSN saat ini sedang dalam tahap penyiapan.
Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo setelah media briefing tentang Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jakarta, Selasa (26/7/2022)./Bisnis-Ni Luh Anggela
Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo setelah media briefing tentang Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jakarta, Selasa (26/7/2022)./Bisnis-Ni Luh Anggela

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah telah menyelesaikan pembangunan 152 Proyek Strategis Nasional (PSN) secara kumulatif sejak 2016 hingga Desember 2022.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Tim Pelaksana Komite Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo menyampaikan bahwa 152 PSN tersebut pun sudah beroperasi penuh. Sementara itu, sebanyak 46 PSN saat ini sedang dalam tahap penyiapan.

Per 20 Desember 2022, KPPIP mencatat total nilai proyek yang telah terselesaikan mencapai Rp1.033 trilun dari 150 PSN.

“Masih ada proyek yang dalam tahap penyiapan, Ini yang ingin kita dorong agar proses pengadaan lahan perizinan bisa diselesaikan, sehingga proyek yang masih dalam tahap penyiapan sudah masuk dalam tahap konstruksi,” katanya dalam acara Media Gathering: Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Jumat (23/12/2022).

Wahyu mengatakan capaian kumulatif PSN per sektor sejak 2016 hingga 2022 pun telah mampu menimbulkan multiplier effect secara sosial dan ekonomi dan mampu menyerap tenaga kerja yang akan terus bertambah seiring penyelesaian PSN ke depan.

“PSN yang tersebar di berbagai wilayah dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur secara langsung dan mengurangi kesenjangan pertumbuhan pendapatan per kapita. Selain itu, penyelesaian PSN juga mampu meningkatkan kesejahteraan antardaerah secara jangka panjang sehingga menjadi jangkar menuju indonesia maju 2045,” katanya.

Untuk sektor hulu migas, Wahyu menjelaskan, saat ini terdapat 4 proyek pengembangan lapangan hulu migas dengan estimasi total investasi sebesar US$53 miliar dengan potensi produksi gas bumi sebesar 23,3 MTPA atau 3,3 BCFD.

Pada sektor perkeretaapian, panjang jalur KA PSN yang akan terbangun hingga 2024 akan mencapai lebih dari 1.000 km.

Selain itu, telah terbangun tambahan jaringan irigasi untuk mengairi sawah seluas 865,4 hektar dalam rangka mendukung program ketahanan pangan.

Pada sektor teknologi, proyek Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur telah diselesaikan dan meningkatkan PDRB sebesar 4,5 persen hingga 6,4 persen dan menciptakan 200.000 lapangan kerja dalam 10 tahun.

Selama 2016 hingga Juni 2022, Wahyu menambahkan, terdapat 3 proyek SPAM dengan skema KPBU yang telah selesai. Tiga proyek SPAM tersebut menambah layanan lebih dari 2 juta orang.

Pemerintah juga telah menyelesaikan pembangunan sebanyak 50 bendungan PSN sehingga telah menambah persediaan air baku sebesar 2,73 milyar m3, mereduksi potensi banjir sebesar 10.300,74 m3/detik, meningkatkan pasokan air baku sebesar 13,290 lt/detik, mengairi sawah seluas 288 ribu hektar, dan memproduksi 145 MW listrik.

“Dengan telah selesainya 14 proyek bandara yang menambah layanan kapasitas penumpang hingga mencapai 40 juta penumpang per tahun secara keseluruhan. Beberapa bandara yang mengalami peningkatan kapasitas signifikan seperti Pembangunan Terminal 3 Bandara Int. Soekarno Hatta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo, dan Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru,” jelasnya.

Wahyu menambahkan, pengoperasian Central-West Java Transmission Line 500 KV sepanjang 1.172 kms melintasi 20 kabupaten/kota dan 358 desa telah menyerap 4.978 tenaga lokal.

Untuk jalan tol, total panjang tol beroperasi mencapai 2.578 km hingga 2022, sedangkan panjang jalan tol yang sedang konstruksi mencapai 729 km. Terdapat pertambahan panjang jalan tol sebesar tiga kali lipat dalam rentang waktu 8 tahun terakhir.

Pemerintah juga telah menyelesaikan 8 proyek kawasan Industri, 10 proyek kawasan ekonomi khusus, dan 6 proyek smelter yang mempunyai peran strategis sebagai pendukung sentra ekonomi daerah hingga 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper