Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap Beroperasi, Ini 9 Ruas Tol Baru di Jawa dan Sumatera

PUPR mengoperasikan sembilan ruas tol baru secara fungsional di Pulau Jawa dan Sumatera untuk kelancaran lalu lintas Nataru.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (13/10/2022) - Dok. Kementerian PUPR.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (13/10/2022) - Dok. Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono siap mengoperasikan sembilan ruas tol baru di Pulau Jawa dan Sumatera secara fungsional untuk kelancaran lalu lintas libur Nataru.

Menjelang akhir tahun, Basuki mengatakan secara keseluruhan tol fungsional sudah bisa dioperasikan, dan kemudian untuk pemanfaataanya diserahkan kepada kepolisian.

"Seluruh jalan tol fungsional sudah siap untuk dilalui, kami serahkan kepada Bapak Kakorlantas untuk dimanfaatkan atau tidak, sesuai dengan manajemen lalu lintas di lapangan,” kata Basuki dikutip, Sabtu (17/22/2022).

Menteri Basuki mengatakan untuk mendukung kesiapan lalu lintas pada Nataru tahun 2022/2023, Kementerian PUPR akan mengoperasional secara fungsional 7 ruas jalan tol baru di Pulau Jawa dan 2 ruas jalan tol fungsional di Sumatera, di antaranya :

1. Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Seksi 2 dan 3 Ranca Kalong-Sumedang, Sumedang–Cimalaka, 21 km)
2. Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu (Seksi 2A Jaka Sampurna – Kayuringin – Ujung, 4,8 km)
3. Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (Tahap 1 Junction Wringanom, 7,4 km)
4. Tol Semarang Demak (Seksi 2 Sayung – Demak, 16,31 km)
5. Tol Cinere - Jagorawi (Seksi 3A Kukusan – Cinere, 3 km)
6. Tol Ciawi – Sukabumi (Seksi 2 Cigombong – Cibadak, 11,9 km)
7. Tol Jakarta Cikampek Selatan (Segmen Sadang – Kutanegara, 8,5 km)
8. Tol Sigli - Banda Aceh (Seksi 5 dan 6 Blang Bintang – Kutobaro – SS Baitussalam, 12,3 km)
9. Tol Kuala Tanjung Tebing Tinggi – Parapat (Seksi 1 Tebing Tinggi – Indrapura, 20,4 km

Adapun, Basuki menegaskan bawha pekerjaan konstruksi di jalan tol maupun non-tol akan dihentikan untuk kelancaran arus lalu lintas saat libur Nataru 2022.

“Exit tol menuju jalan industry yang semula berupa jalan tanah merah, sudah dilakukan perkerasan dan diselesaikan padatanggal 15 Desember 2022. Kami tegaskan juga semua pekerjaan konstruksi di jalan tol maupun non-tol sudah kita hentikan H-10 untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru ini,” kata Menteri Basuki.

Untuk diketahui, Basuki juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak hanya memanfaatkan jalan tol sebagai jalur lalu lintas Nataru, tetapi juga jalan-jalan nasional yang rata-rata sudah dalam kondisi kemantapan 91,8 persen.

Secara kesuluruhan, total panjang jalan nasional 46.690 km yang tersebar di wilayah Pulau Sumatera sepanjang 7.918 km, Pulau Jawa dan Bali sepanjang 5.336,9 km, Pulau Kalimantan sepanjang 6.556,4 km, Pulau Sulawesi sepanjang 17.284,4 km, dan Pulau Nusa Tenggara sepanjang 2.792,1 dan Pulau Maluku–Papua sepanjang 6.802,3 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper