Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agincourt Tuntaskan Baksos Operasi Katarak Gratis 2022

PT Agincourt Resources (PTAR) berhasil melaksanakan operasi terhadap 827 mata buta katarak melewati tujuh putaran operasi.
PT Agincourt Resources
PT Agincourt Resources

Bisnis.com, JAKARTA - PT Agincourt Resources (PTAR) akhirnnya menuntaskan rangkaian bakti sosial (baksos) operasi katarak gratis "Buka Mata Lihat Indahnya Dunia" yang digelar dari September-November 2022.

Perusahaan pengelola Tambang Emas Martabe tersebut, melalui program baksos tersebut berhasil melaksanakan operasi terhadap 827 mata buta katarak melewati tujuh putaran operasi. Adapun program itu di lakukan di Tapanuli Selatan dan Kota Medan, Sumatra Utara, sepanjang September hingga November 2022.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT Agincourt Resources Muliady Sutio menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program mulia ini sehingga seluruh putaran operasi katarak gratis berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Menurutnya, rangkaian operasi katarak gratis ini dapat terselenggara karena dukungan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, masyarakat sekitar area Tambang Emas Martabe, dan semua pemangku kepentingan di Tapanuli Selatan dan Sumatra Utara.

"Kami sampaikan apresiasi tertinggi kepada para pasien yang telah mengikuti operasi katarak gratis ini. Sebagian dari mereka adalah pencari nafkah keluarga, penopang hidup anak-anaknya, dan ada pula anak-anak yang masih bersekolah. Selamat kepada para pasien yang telah pulih, kembali produktif dan mandiri menjalani hidup," kata Muliady.

Dia menekankan bahwa rangkaian operasi katarak gratis yang diadakan PTAR setiap tahunnya ini merupakan bukti konkret dari komitmen perusahaan dalam mendukung kesehatan masyarakat, utamanya masyarakat pra-sejahtera.

Adapun, operasi katarak gratis "Buka Mata Lihat Indahnya Dunia" sudah diadakan PTAR sejak 2011. Tahun 2022 menjadi tahun kedelapan PTAR menggelar rangkaian operasi katarak gratis, di RS Bhayangkara, Batangtoru, Tapanuli Selatan dengan jumlah mata yang dioperasi mencapai 525 mata serta di RS Mencirim 77 Medan dengan jumlah mata dioperasi sebanyak 302 mata.

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi mengucapkan terima kasih kepada Agincourt Resources yang telah menyelenggarakan rangkaian operasi katarak gratis di Sumatra Utara.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, dirasakan manfaatnya oleh lebih dari 800 warga Sumatra Utara. Saya berharap operasi katarak gratis ini terus diadakan oleh Agincourt Resources, serta muncul Agincourt-agincourt lainnya yang menggelar kegiatan seperti ini,” ujar Edy.

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources Katarina Siburian Hardono menegaskan bahwa operasi katarak yang diadakan PTAR kepada warga pra-sejahtera penting dilakukan untuk menekan prevalensi buta akibat katarak yang cukup tinggi di Sumatra Utara.

Mengacu pada hasil Survei Kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RABB) tahun 2014- 2016 saja, prevalensi kebutaan akibat katarak di Indonesia mencapai 1,9 persen, dengan sekitar 90 persen gangguan penglihatan terdapat di wilayah penduduk berpenghasilan rendah.

Di Sumatra Utara saja, nyaris 80 persen kebutaan pada penduduk usia 50 tahun ke atas disebabkan katarak yang tidak dioperasi, yang menurut data Kementerian Kesehatan, sebagian warga Sumatra Utara tidak menyembuhkan katarak yang dideritanya karena alasan biaya.

"Kepedulian PTAR terbukti membawa perubahan langsung bagi kehidupan masyarakat yang hasilnya dapat dirasakan seumur hidup. Sejak 2011 hingga saat ini, operasi katarak yang digelar PTAR telah menyembuhkan 8.945 mata katarak. Khusus tahun ini saja, sebanyak 827 mata dioperasi, sekitar 75% di antaranya berasal dari Tapanuli Selatan,” ucap Katarina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper