Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sah! Otorita Berkongsi dengan Hyundai dan LG di Proyek IKN

Badan Otorita telah menandatangani kerja sama dengan Hyundai Motor Company dan LG CN untuk proyek IKN Nusantara.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 16 November 2022  |  15:16 WIB
Sah! Otorita Berkongsi dengan Hyundai dan LG di Proyek IKN
Truk melintas di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/10/2022). ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Hyundai Motor Company dan LG CNS dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) B20 di Bali.

Deputi Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi, mengatakan terdapat dua MoU yang ditandatangani oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono yakni pertama dengan President Advanced Air Mobility Division Hyundai Motor Company Jaiwon Shin terkait dengan realisasi Advanced Air Mobility (AAM).

Adapun, perjanjian kedua yang diteken adalah dengan CEO LG CNS Young Shub Kim tentang kolaborasi kota cerdas Nusantara.

"Kolaborasi antara Otorita IKN dengan Hyundai dan LG merupakan wujud komitmen untuk menjadikan IKN Nusantara sebagai pusat inovasi dan teknologi yang menarik pengembangan bisnis dan ekonomi hijau di Indonesia," kata Ali kepada wartawan, Rabu (16/11/2022).

Dia menjelaskan MoU dengan Hyundai akan memperkuat kerja sama dan pertukaran gagasan dalam pengembangan AAM untuk mendukung pembangunan ekonomi hijau di IKN.

Melalui kerja sama tersebut, imbuhnya, Otorita IKN berharap dapat meningkatkan konektivitas sistem transportasi perkotaan dan memilih solusi mobilitas multimoda yang inovatif.

Sebagai bagian dari kerja sama tersebut, Hyundai juga akan mendirikan pusat Research & Development AAM di IKN Nusantara sebagai bentuk peningkatan riset teknologi di Indonesia dan menjadikan IKN sebagai pusat pengembangan industri AAM di regional Asia Tenggara.

"Dimulai dari awal 2023 Hyundai akan membuat peta jalan pengembangan AAM dan perencanaan Proof of Concept dalam bidang Urban Air Mobility dan Regional Air Mobility serta ekosistemnya," jelasnya.

Sementara itu, kerja sama dengan LG CNS, Otorita IKN akan bekerja sama untuk pengembangan konsep kota cerdas di IKN Nusantara untuk mendukung pembangunan ekonomi hijau di Indonesia, khususnya di IKN Nusantara. LG Group akan menyediakan dan berpartisipasi dalam memberi solusi implementasi kota cerdas.

"Penandatanganan MoU kemudian dilanjutkan dengan pelaporan langsung kepada Presiden Republik Indonesia dan Presiden Korea Selatan pada acara puncak B20 Summit," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN ibu kota negara Badan Otorita IKN hyundai lg
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top