Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Intip Wajah Baru TMII yang Batal Dikunjungi Delegasi KTT G20

Pemerintah telah menggelontorkan dana Rp1,08 triliun untuk renovasi TMII yang semula direncanakan akan dikunjungi delegasi KTT G20.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 14 November 2022  |  19:59 WIB
Intip Wajah Baru TMII yang Batal Dikunjungi Delegasi KTT G20
Wahana Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dilihat dari atas setelah dilakukan renovasi oleh pemerintah. - Bisnis/PUPR
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah selesai direnovasi oleh pemerintah yang pada mulanya disiapkan untuk gelaran acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Tempat rekreasi yang menyuguhkan kebudayaan Indonesia itu kini tampil lebih cantik.

Kegiatan renovasi TMII dimulai sejak Januari 2022 dan telah selesai 100 persen pada pertengahan Oktober 2022. Seluruh infrastruktur siap untuk diresmikan meliputi area penataan bangunan seluas 7,71 hektare dan kawasan seluas 26,56 hektare.

Kegiatan renovasi TMII dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) DKI Jakarta Metro dengan total anggaran sebesar Rp1,08 triliun. Ruang lingkup pekerjaannya meliputi penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, dan Sasono Adiguno dilaksanakan oleh kontraktor PT PP senilai Rp167,4 miliar. Pembangunannya per 15 Oktober 2022 telah selesai 100 persen.

Wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) usai direnovasi - Dok. Kementerian PUPR.

Selanjutnya, renovasi Museum Indonesia, penataan lansekap anjungan dan pedestrian, penataan outer ring (halte), area parkir, dan gedung pengelola oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk. senilai Rp182,9 miliar.

Kemudian, penataan lansekap pulau-pulau di Danau Archipelego (promenade, pedestrian anjungan, dan amphitheater) oleh PT Brantas Abipraya (Persero) senilai Rp183,6 miliar. Renovasi Museum Theater Garuda, Museum Telkom, dan Keong Mas dengan kontraktor PT Nindya Karya (Persero) senilai Rp100,9 miliar.

Penataan lansekap pedestrian anjungan, viewing tower, Kaca Benggala, dan pembangunan community center oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk. senilai Rp70 miliar. Kemudian struktur parkir dengan desain elevated oleh PT Hutama Karya (Persero) senilai Rp186 miliar.

Wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) usai direnovasi - Dok. Kementerian PUPR.
 

Wajah baru TMII mendapatkan respons positif dari banyak warganet di jagat Twitter seperti yang diunggah oleh akun @rizkidwika.

"Wow. Sekarang miniatur kepulauan tmii kalo malem jadi benderang kayak gini," cuit akun tersebut.

Tidak hanya itu, akun Twitter @puntenbroks memberikan apreasiasinya terhadap tampilan baru TMII pada saat malam hari yang tampak lebih meriah dengan sorotan lampu yang menghiasi.

"Apresiasi banget sama TMII udah buat miniatur sekeren ini, tapi artsy baiknya ttp ngikutin geografis. Jadi mending di Kalimatan direvisi lampunya sampe batas wilayah indo aj. Di border pulau kalimatan masi tolerable sbnrnya tp sampe labuan diksh warna merah pdhl pnya malay aga," cuitnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tmii g20 KTT G20 G20 Indonesia
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top